MotoGP 2021 Qatar: Kualifikasi Ducati vs Yamaha, Saat Raceday Suzuki Turut Bertarung

Jum'at, 19/03/2021 11:13 WIB

mobilinanews (Qatar) - Hasil winter test Losail, Qatar, baru menggambarkan kekuatan tim dalam single lap. Itu cukup untuk memprediksi sesi kualifikasi GP Qatar pada 27 Maret 2021. Tapi, untuk race Minggu, 28 Oktober, akan beda lagi ceritanya.

Hari terakhir tes yang diganggu oleh angin kencang dan pasir ke dalam lintasan membuat banyak pembalap enggan keluar dari garasinya. Padahal, sesi terakhir itulah yang tadinya disiapkan menguji motor dalam jumlah lap yang banyak (long runs) untuk mengukur  race pace, daya tahan  mesin dan ban.  

Maverick Vinales (Yamaha) salah satu yang sempat menguji daya jelajah M1 2021-nya karena fokusnya memang race pace karena sudah yakin dengan speed-nya. Rider pabrikan Yamaha itu malah sempat melakukan latihan khusus start dengan selalu mengisi penuh tangki bahan bakarnya. Yang lain hanyalah duet Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins, yang sadar diri tak bakal bisa melawan untuk single lap sehingga lebih suka fokus pada kecepatan rata-rata pada race nantinya.

Catatan waktu tercepat diraih Jack Miller (Ducati) dengan 1 menit 53,183 detik. Logikanya maka ia adalah favorit peraih pole position bersama para pembesut DesmosediciGP21 macam Francesco Bagnaia dan Johann Zarco (Pramac Ducati). Pesaingnya jelas Yamaha, dalam hal ini Vinales dan rekan setimnya, Fabio Quartararo. Keduanya hanya defisit 0,061 dan 0,080 detik dari Miller.

Untuk sementara bisa disimpulkan perebutan pole position akan terjadi antara rider Ducati dengan Yamaha. Termasuk di sini pembalap tim satelit Petronas Yamaha, Franco Morbidelli, yang gunakan M1 spec-A 2019 yang kaki-kaki belakang dan elektroniknya dimodifikasi dengan komponen 2021.

Bagaimana dengan balapannya?

"Saya kira akan melibatkan tiga pabrikan - Yamaha, Ducati dan Suzuki," komentar Morbidelli.

Suasana balap yang berbeda dengan latihan membuat sulit menyebut nama favorit menjadi juara di seri pembuka nanti. Dalam race berdurasi 22 laps itu banyak faktor lain yang bisa jadi penentu. Namun Suzuki tetap jadi salah satu favorit karena konsistensi laju GSX-RR seperti yang diperlihatkan sepanjang musim 2020 lalu. Mereka masih konstan saat pembalap Ducati dan Yamaha sudah mulai alami degradasi ban belakang.

Karena itu Mir sebagai juara dunia bertahan dan Rins masih layak jadi favorit pemenang race pembuka meski dalam single lap mereka tertinggal 0,6 detik dari lawan,

Karena balap malam hari, kali ini Ducati dan Yamaha tak perlu terlalu khawatir dengan daya tahan ban belakang yang musim lalu menjadi hantu semua pembalapnya. Tapi, itu tadi, persaingan akan melibatkan banyak pembalap untuk berebut gelar juara. Setidaknya ada 7 yang layak disebut kandidat, masing-masing dua dari pabrikan Yamaha, Ducati dan Suzuki plus Morbidelli. 

"Posisi start akan sangat krusial. Semuanya sudah harus kerja ekstra keras sejak kualifikasi agar dapatkan posisi terbaik, berjuang meraihh front row," kata Vinales.

Jika bisa melakoni start dengan mulus, pembalp Spanyol itu yakin bisa bersaing berebut gelar juara di GP Qatar. Seperti kemenangan perdananya di Losail sekaligus perdana bersama Yamaha pada musim 2017. (rnp)

 

 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit Lombok, Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh