Sering Kecelakaan dengan Fitur Autopilot, Polisi Kritik Tesla

Jum'at, 19/03/2021 13:40 WIB

mobilina (Jakarta) - Mobil listrik berteknologi tinggi asal Amerika, Tesla bukan mobil muatkhir tanpa cacat. Berbagai kejadian kecelakaan kerap mengiringi nama besarnya yang ditindaklanjuti dengan transformasi teknologi yang lebih aman.

Salah satu kasus baru saja terjadi, setelah Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) membuka penyelidikan terhadap kecelakaan yang melibatkan 23 unit mobil Tesla. Bahkan tiga kecelakaan terbaru terjadi pada beberapa pekan terakhir, melansir Rauters Kamis (19/3)

NHTSA baru-baru ini mengirimkan tim investigasi untuk menyelidiki kecelakaan Tesla di daerah Houston, Texas, Amerika dimana empat dari 27 kasus yang diinvestigasi yang telah diselesaikan dan dipublikasikan.

Kecelakaan di kota lain juga melibatkan Tesla. Semisal di Michigan dimana terjadi dua kecelakaan yang melibatlan Tesla dengan dugaan ada dioperasikan dalam mode Autopilot ketika menabrak mobil patroli Polisi Negara Bagian Michigan yang diparkir.

Kejadian lebih naas lagi terjadi pada 11 Maret 2021 lalu di kota Detroit, di mana sebuah Tesla terjepit di bawah trailer traktor dan meninggalkan seorang penumpang dalam kondisi kritis. Saat ini, kecelakaan tersebut juga ada dalam penanganan penyelidikan NHTSA.

Dari rentetan kejadian tersebut, aparat keamanan menuturkan kejadiannya hampir persis dimana pada saat kejadian pengemudi menggunakan mode autopilot, sehingga aparat merasa tidak yakin dengan fitur tersebut.

Untu diketahui fitur Autopilot yang dioperasikan pada model Tesla setidaknya telah terlibat dalam kecelakaan fatal di Amerika sejak 2016. Hal ini kemudian menjadi bahan evaluasi Tesla yang terus menyempurnakannya. Namun demikian, fitur ini masih dianggap menjadi penyebab kecelakaan. (Elk)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Disupport Daihatsu, Ajak Pelanggan Setia Berkumpul Dalam Semangat Persahabatan di Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap