Mengenal Simbol Penting Pada Multi Information Display Yang Harus Dipahami Pengendara Mobil

Senin, 22/03/2021 05:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Jadi pengemudi mobil, jangan cuma sekadar paham teknik berkendara saja, tapi juga harus mengerti simbol-simbol lampu di speedometer atau layar instrumen.

Simbol lampu tersebut, punya fungsi memberikan informasi terkait kondisi mobil, entah itu soal
kerusakan, kegagalan sistem, atau situasi lainnya, sehingga kita bisa segera ambil tindakan supaya tidak membahayakan.

Berikut beberapa simbol lampu indikator penting pada panel instrumen, selain speedometer dan tachometer yang mesti Teman DFSK pahami.

1. Indikator bensin

Indikator ini terbilang cukup penting, fungsinya menampilkan berapa banyak sisa bahan bakar yang tersedia pada suatu mobil.

Selain tampil dalam bentuk indikator jarum, pada beberapa mobil, indikator bensin juga hadir dalam bentuk digital.

Meski memiliki perbedaan tampilan, keduanya biasanya akan sama-sama dibekali oleh tanda
huruf F atau E.

Huruf F menandakan Full, sementara huruf E menandakan Empty, itu artinya bila jarum atau penunjuk indikator bensin tersebut mengarah ke E, maka menandakan sisa bahan bakar pada mobil sudah mulai menipis.

2. Indikator temperatur mesin

Selain indikator bensin, umumnya semua mobil juga dilengkapi dengan indikator temperatur mesin. Indikator ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengemudi terkait temperatur atau suhu dari panas mesin mobil.

Secara tampilan, indikator temperatur biasanya akan menampilkan indikator jarum dengan penunjuk angka derajat celcius atau bila yang sudah digital akan menampilkanngambar dengan dua tanda huruf, yaitu H (Hot) dan C (Cold).

Pada beberapa mobil, indikator ini juga akan ditemani sebuah simbol berwarna merah, bila mobil
mengalami overheat maka simbol ini akan menyala.

3. Simbol tekanan oli

Simbol ini berfungsi untuk memberikan informasi terkait tekanan pada oli mesin. Bila simbol ini menyala, itu artinya mobil Teman DFSK mengalami kehilangan tekanan oli.

Penyebabnya bisa saja, oli mesin yang kurang, oli mesin yang rembes atau kerusakan mesin lainnya yang berdampak pada oli mesin.

4. Simbol Aki

Bila simbol ini menyala itu artinya arus listrik pada mobil Teman DFSK sudah lemah.

Tentu saja, ada dua kemungkinan, pertama bisa saja menandakan Aki pada mobil Teman DFSK memang sudah lemah, atau kepala pada Aki mobil Teman DFSK longgar, jadi sebaiknya segera cek dan pastikan.

5. Simbol check engine

Simbol ini bisa dibilang menjadi simbol yang cukup penting. Pasalnya, bila simbol ini menyala maka besar kemungkinan ada kerusakan yang terjadi pada mobil Teman DFSK. Entah itu pada mesin atau pada elektrikal.

6. Simbol rem parkir

Simbol ini memiliki arti yang cukup banyak apabila menyala. Pertama, nyalanya simbol ini bisa berarti bahwa rem parkir atau rem tangan pada mobil masih dalam kondisi aktif.

Kedua, bila simbol ini tetap menyala saat mobil melaju padahal kondisi rem parkir sudah tidak aktif, maka bisa jadi mobil mengalami kekurangan minyak rem.

Sementara ketiga, pada beberapa mobil yang sudah dilengkapi sistem pengereman ABS namun belum dilengkapi dengan simbol ABS, maka nyalanya simbol ini patut dicurigai ada permasalahan yang terjadi pada sistem ABS mobil.

Selain beberapa tanda indikator dan simbol di atas, sebenarnya masih banyak lagi tanda indikator atau simbol lainnya yang terdapat pada layar instrumen.

Jadi bagaimana, sekarang sudah tahu dong arti dari beberapa tanda indikator dan simbol yang ada pada layar instrumen atau speedometer mobil?

Mengetahui arti dari beberapa tanda indikator dan simbol pada layar instrumen atau speedometer mobil akan memberikan keamanan dankenyamanan lebih saat Teman DFSK berkendara.

Bulan Maret ini (periode hingga 31 Maret) jangan lewatkan kesempatan untuk bawa pulang hadiah langsung iPhone 12* setiap pembelian DFSK Glory 560 di dealer DFSK Indonesia.

Bukan hanya hadiah langsung tapi ada juga program cicilan ringan* dan.bunga 0%* yang bisa Teman DFSK nikmati. Segera kunjungi Dealer DFSK Indonesia terdekat di kotamu. (*syarat dan ketentuan berlaku). (wan)

TERKINI
Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060 PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka Ternyata Honda FL5 dan Hyundai N TCR Diangkut Pesawat ke Sepang, Oleh Bee Logistics Transworld Perusahaan Milik Perally H. Andy Surya Santosa