MotoGP 2021: Pol Espargaro Siap Beraksi di Atas RC213V, Stefan Bradl Gantikan Marc Marquez

Selasa, 23/03/2021 21:13 WIB

mobilinanews (Qatar) - Pol Espargaro lakoni race perdananya di atas Honda RC213V di GP Qatar akhir pekan ini. Sebagai rider baru adaptasinya dengan Honda lumayan bagus dalam tes pra musim.

Bagaimana dalam balapan sesungguhnya, ia pun mengaku tak sabar menunggu hasilnya.

Mantan pembalap tim Yamaha Tech3 dan pabrikan KTM itu mengakhiri tes 5 hari di Sirkuit Losail Qatar dengan urutan ke-10 tercepat. Itu untuk flying lap, yang tak terlalu buruk untuk seorang debutan di atas RC213V yang dikenal sebagai motor yang sejauh ini hanya bisa jinak oleh Marc Marquez.

Performa Pol juga menarik fans MotoGP tak lain untuk dibanding-bandingkan dengan Jorge Lorenzo yang tak kunjung nyaman di atas RC213V pada musim 2019.

Tapi, untuk klasifikasi kecepatan rata-rata, Pol masuk 6 Besar selama tes. Ini yang menarik ditunggu fans MotoGP karena data itu menunjukkan potensinya bartarung dalam tempo 22 laps pada race pembuka 2021 nanti.

Ia sendiri tak mematok target khusus dalam penampilan perdananya bersama tim Repsol Honda. Meski mengaku sudah merasa nyaman di atas motor barunya, tapi menurutnya massih ada beberapa hal detil yang belum sepenuhnya ia kuasai.

"Akhirnya tiba race pertama saya bersama Repsol Honda, sebuah tim yang diimpikan para pembalap. Tentu saya sangat bersemangat. Masih ada beberapa hal yang harus saya pelajari dan pahami dengan motor ini," ujar Pol yang akan gunakan 4 sesi Free Practice untuk pemahaman tersebut.

Itu sebabnya ia tak ingin menebar janji sebuah target dalam aksi perdananya. 

"Saya tak menetapkan target tertentu. Yang penting berusaha keras memperlihatkan apa saja yang saya mampu lakukan di lintasan. Yang ada di benak saya adalah menyajikan balapan yanJuni tahung bisa menghibur fans MotoGP yang menonton dari rumah masing-masing," lanjutnya.

Tadinya Pol berharap bisa berdmpingan dengan pembalap utama Honda dalam race perdananya. Sayang, Marquez urung tampil meski sudah dinyatakan sehat secara medis tapi tak ingin ambil resiko tersendiri.

Pembalap pengganti Marquez lagi-lagi adalah Stefan Bradl, mantan pembalap tim LCR Honda yang kini jadi test rider Repsol Honda. Ia gantikan Marquez sejak musim lalu. (rnp)

TERKINI
Chery dan Konsistensi Inovasi Teknologi di OMODA E5, Bukti Keseriusan Dalam Mendukung EV Indonesia Wuling Resmi Buka Pemesanan Cloud EV di PEVS 2024, Harga Pre-book Rp410 Juta FIF Terima Fasilitas Pinjaman Berkelanjutan Senilai 60 Juta Dolar GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition