F1 2021 Bahrain: Penantian Fernando Alonso, Kejutan Apa Lagi Setelah 10 Besar Pada Tes?

Selasa, 23/03/2021 22:38 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Dua tahun berada di luar F1 dan sibuk dengan balapan Indy, Endurance dan Rally Dakar, ternyata Fernando Alonso belum bisa dianggap remeh. Mengaku belum lupa seluk beluk kokpit mobil F1, ia tampil mengejutkan sebagai pembalap tercepat 10 Besar dalam tes pra musim.

Itu menandakan kemampuan juara dunia 2005 dan 2006 itu sama sekali tak bisa disepelekan meski berada dalam tim Alpine.

Betul, ia tak akan bertarung dalam wilayah perebutan juara atau podium di seri pembuka musim 2021 akhir pekan ini di Sirkuit Sakhir, Bahrain. Tapi, sangat layak memperhitungkan Alonso bermain di lapisan kedua. Setidaknya ia bisa melawan para pembalap eks timnya di masa lalu, McLaren dan Ferrari.

Dan, yang bikin penasaran adalah peforma lanjutan A521 pada sesi kualifikasi dan race GP Bahrain nanti. Sebab, dari masukan Alonso selama testing, Direktur Eksekutif Alpine F1 Marcin Budkowski mengakui mobil besutan mereka telah direvisi dan diyakini akan lebih kencang dari saat tes pra musim.

"Kami tahu area yang harus dirombak untuk membuatnya lebih kencang. Alonso maupun rekannya, Esteban Ocon, memberikan tanggapan positif atas perubahan itu," katanya.

Hanya saja Alonso belum tahu seberapa besar efek perubahan itu karena hanya akan diketahui pada sesi kualifikasi pada Sabtu 27 Maret 2021. Saat di mana setiap pembalap masuk lintasan dengan bahan bakar minimal, pakai ban pilihan terbaik, dan gunakan kekuatan mesin secara penuh.

"Pada sesi itu semua mobil akan keluar dengan kemampuan sebenarnya. Saya pikir akan ada beberapa kejutan. kami sendiri pun baru akan tahu di mana posisi sebenarnya pada sesi tersebut," katanya.

Yang pasti, kata Alonso, sejak menyatakan setuju comback ke F1 maka sejak saat itu juga ia mempersiapkan segala sesuatunya agar layak berkompetisi. Baik fisik maupun mental. 

"Saat berada di luar F1 saya banyak belajar dengan usai berbagai gaya balapan yang berbeda. Tetapi sekarang saya kembali ke F1 dan saya sangat bersemangat untuk memulainya kembali," ungkapnya.

Pada race pembuka ini rahang Alonso masih dalam masa pemulihan akibat patah tulang akibat kecelakaan saat bersepeda di Swiss.

Masih ada rasa sakit tapi dikalahkan oleh semangat tingginya untuk memulai balapan yang akan berdampak panjang bagi masa depannya. (rnp)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh