Canya Prasetyo Calon Srikandi Balap Tim Honda

Jum'at, 26/03/2021 08:55 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pembalap wanita serba bisa Canya Prasetyo (21 tahun) resmi berseragam tim Honda Racing Indonesia untuk musim balap 2021.

Hal itu disampaikan langsung Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor pada preskon virtual, Kamis (25/3/2021) sore.

"Kami sangat antusias dengan komposisi pembalap senior berpengalaman dan pembalap muda berpotensi besar di tim Honda Racing Indonesia. Kami percaya para pembalap baru ini dapat memberikan performa terbaik sekaligus meneruskan prestasi Honda Racing Indonesia di masa mendatang," ujar Billy. 

"Keberagaman tim yang kami miliki saat ini sangat sesuai dengan misi “Everyone Can Race”, di mana semua orang mempunyai kesempatan sama mencapai prestasi di lintasan balap bersama Honda," lanjutnya.

Terkait perekrutan Canya Prasetyo, merupakan hal baru di Honda Racing Indonesia. Pasalnya, memang belum pernah diperkuat pembalap wanita.

Canya Prasetyo akan turun dengan New Honda Brio di ajang balap mobil Indonesia Touring Car Racing (ITCR) kelas 1.200 cc. Selain itu, dia juga bakal turun di Kejurnas Slalom Auto Gymkhana.

Dan, bagi Canya, ini adalah debut pertamanya di ajang balap mobil. Selama ini, jika ke sirkuit Sentul untuk menonton aksi Bimo Pradikto sang kakak mengikuti balap mobil ISSOM dengan bendera tim Banteng Motorsport.

Meski belum pernah mengikuti event resmi balap mobil, namun Canya sudah sering melakukan latihan. Kini, dengan dilatih Alvin Bahar diyakini Canya bakal cepat beradaptasi dan akselerasi di lintasan balap mobil.

Seperti saat Canya mengembangkan karir ke ajang slalom (sebelumnya Speed Offroad), putri offroader senior H Prasetyo Edi Marsudi ini juga bisa langsung tune in.

Sederet prestasi menjanjikan berhasil diraihnya di ajang slalom. Yakni juara 3 BSNC Jakarta, juara 5 Autogymkhana 2019, dan podium 3 pada Kejuaraan Nasional Slalom U-23 2019.

Kalau dari arena speed offroad, usah ditanya lagi. Berbagai prestasi gemilang telah dikoleksinya, menempatkan Canya dalam deretan offroader papan atas Indonesia.

"Saya lebih dulu dikenal sebagai speed offroader dan sudah sering naik podium juara. Tapi setelah dikontrak Honda Racing Indonesia, saya akan hold dulu main offroad, serta fokus ke balap mobil dan slalom," ujar Canya Prasetyo.

Support dari berbagai pihak, termasuk sang ayah dan kakak-kakaknya yang juga offroader dan pereli, Canya Prasetyo tumbuh di lingkungan motorsport.

Canya Prasetyo digadang bakal menjadi Srikandi balap di tim Honda Racing Indonesia. (bs)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda