Keren, Rally Para Dewa di Yunani Kembali ke Kalender WRC!

Sabtu, 27/03/2021 06:26 WIB

mobilinanews (Yunani) - Acropolis Rally di Yunani sudah vakum di kalender WRC sejak 2013. Padahal ini salah satu event reli dunia penuh tantangan yang disukai para pereli. Pereli Indonesia Rifat Sungkar dan Subhan Aksa pun pernah beraksi di sana. 

Kini para pereli baru di ajang WRC bisa merasakan beratnya medan Acropolis di pegunungan berbatu, berkelok-kelok, berdebu, plus suhu panas menyengat. 

Baru saja FIA merilis event itu masuk kalender WRC 2021 dan digelar sebagai ronde ke-10 pada 9-12 September. Ia menggantikan Rally Chile di Amerika Latin yang batal dihelat akibat dampak pandemi Covid-19 yang parah di negeri itu.

Karena Yunani adalah negerinya para dewa, maka Acropolis Rally juga acap disebut sebagai Rall of Gods atau Rally Para Dewa. Digelar sejak 1951 dan sudah 38 kali menjadi edisi kejuaraan dunia WRC, reli ini selalu mengawali start dari lokasi tradisionalnya di bawah kuil Parthenon yang terkenal di Kota Athena. 

Presiden FIA Jean Todt yang mengunjungi edisi terakhir Acropolis pada 2013 silam menyambut baik kembalinya reli ikonik ini ke serial WRC 2021

"Acropolis Rally sebenarnya tak lagi perlu diperkenalkan karena ini reli legendaris yang menyajikan beberapa tahapan paling sulit di dunia. Saya ikut reli di sini 5 kali sebagai navigator pada tahun 1970-an hingga 1981," kata Todt yang pernah menjadi navigator Timo Makinen dan Hannu Mikola.

Jona Siebel, Managing Director WRC Promoter, menyebut kembalinya Acropolis ke serial WRC tak lepas dari komitmen kuat pemerintah Yunani. PM Yunani Kyriakos Mitsotakis bahkan turun langsung untuk memastikan Acropolis mendapat slot kembali di WRC.

"Tujuh puluh tahun yang lalu Acropolis adalah latar belakang perlombaan yang sangat istimewa yang kemudian dikenal sebagai Rally of Gods. Sebuah kontes tahunan yang epik, yang menguji ketrampilan pembalap tidak seperti di tempat lain. Setelah 8 tahun absen, Rally Acropolis kembali hadir di tengah peremajaan yang terjadi di negara saya," ujar sang PM lewat press release yang dikeluarkan FIA. (rnp) 

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen