F1 2021 Bahrain: Meski Terus Memimpin Dari Sesi Tes dan FP, Verstappen Bilang Favorit Juara Tetap Mercedes

Sabtu, 27/03/2021 21:10 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Jelang kualifikasi pada tengah malam ini dan raceday esok Minggu (28 Maret 2021) posisi Max Verstappen jadi unggulan peraih pole position maupun juara race perdana musim 2021.

Buat Honda, ini juga perburuan penting di Sirkuit Sakhir, Bahrain.

Kampiun sejak sesi tes hingga dua FP awal tetap saja belum meyakinkan diri Verstappen untuk membidik target pole dan juara. Ia dengan tegas menolak dirinya sebagai favorit.

"Kehormatan itu masih milik Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas," tegas Verstappen menyebut dua joki Mercedes, rival beratnya.

Seperti sebelumnya ia katakan dan juga dinyatakan petinggi tim Red Bull, membandingkan keduanya hanya fair di saat kualifikasi. Saat semua pembalap bertarung habis-habisan dengan pasokan bahan bakar sama pada mobilnya.

Lebih jauh lagi peluang Verstappen mengalahkan duet Mercedes hanya akan diketahui usai balapan pada Minggu malam esok.

Dalam wawancaranya dengan Sport1.de, Verstappen mengingatkan kembali dominasi Mercedes selama ini. Ia juga ingatkan berulang kali Mercedes gagal menunjukkan kecepatan terbaiknya di sesi-sesi awal, tapi berbalik saat saat balapan.

"Mereka acap tak menunjukkan kecepatan sebenarnya," imbuh Verstappen.

Lebih tegas lagi ia pun memprediksi jika Mercedes tahun ini terbukti masih memiliki kecepatan seperti musim sebelumnya maka tipis kemungkinan baginya meraih kemenangan.

"Tentu saya percaya pada diri sendiri. Bersama tim akan berusaha menebus kekalahan selama ini. Namun lebih dari itu pasti akan sulit meraihnya," papar pembalap berusia 23 tahun itu, entah merendah atau berpikir realistis.

Yang pasti Sirkuit Sakhir di Bahrain memang selama ini bukan milik Red Bull. Tim Austria ini hanya dua kali juarai GP Bahrain di era Sebastian Vettel pada musim 2012 dan 2013 saat mereka gunakan mesin Renault. Pabrikan Prancis ini juga sukses bersama Fernando Alonso pada musim 2004 dan 2005. 

Selain Renault, Ferrari dan Mercedes adalah pelanggan gelar juara GP Bahrain dengan masing-masing 6 kemenangan. Lima kemenangan Mercedes diraih pada era mesin hybrid sejak musim 2014. 

Tak salah kalau Honda pun berambisi Verstappen bisa menorehkan sejarah baru di Sakhir untuk Honda sebagai pemenang untuk kali pertama dan bisa jadi bakal satu-satunya.

Sebab, pabrikan Jepang ini akan hengkang dari F1 pada akhir musim 2021. Maka race pada Minggu malam besok jadi satu-satunya kesempatan menorehkan sejarah di Sakhir. (rnp)

 

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok