MotoGP 2021 Qatar: Jack Miller dan Franky Saling Klaim Raih Pole Sitter

Sabtu, 27/03/2021 22:05 WIB

mobilinanews (Qatar) - Tiga sesi FP sudah berlalu. Meski tercepat di FP3 yang baru selesai dihelat, tak berarti Franco `Franky` Morbidelli (Petronas Yamaha Srt) menjadi pembalap paling kencang sepanjang latihan. Posisi itu tetap milik Jack Miller (Ducati).

Seperti sudah diduga hasil FP3 pada hari ini tak akan secepat hasil FP2 yang belangsung pada Jumat malam. Hari ini Franky tercepat dengan best lap 1:54,676 sedangkan Miller di urutan 15 karena sempat terjatuh dari motornya.

Tapi, waktu tempuh Miller di FP 2 ang 1:53,387 tetap menjadi yang terbaik. Karena itu urutan 10 Besar pada FP2 otomatis maju otomatis ke sesi Q2, sedangkan juara dunia bertahan Joan Mir (Suzuki) yang uruan 11 di FP2 harus masuk Q1 terlebih dahulu.

Sesi kualifikasi MotoGP berlangsung malam ini pukul 22.50 - 23.05 WIB. Tak mudah memprediksi calon peraih pole position perdana untuk musim balap 2021.

Semua kemungkinan terbuka bagi 10 pembalap yang lolos otomatis maupun dua pembalap tambahan dari Q1. Pasalnya jarak di anatara mereka dari urutan pertama hingga 12 berada di bawah 0,8 detik jika berpatokan pada hasil FP2.

Sebagai pembalap tercepat dan punya power mesin paling mantap di trek lurus Losail, tentu dengan mudah menempatkan Miller sebagai favorit. Semua pembalap Yamaha melihat Ducati sebagai pesaing utama, khususnya Miller.

"Ducati lebih patut jadi favorit. Saya sendiri nyatanya bisa tercepat pada sesi siang hari. Pada sesi malam dengan suhu berubah, mereka lebih cepat. Jack buktikan itu. Tapi, tak bisa ditebak saat ini siapa yang tarung berebut pole. Persaingan sangat terbuka," kata Morbidelli menanggapi Miller yang memfavoritkannya.

Ya, sebelumnya Miller memang tegas menyebut Franky adalah pembalap yang harus ia kalahkan untuk menjadi pole sitter GP Qatar. Itu berdasarkan pengamatannya sepanjang sesi latihan resmi. Dengan ban lama saja Franky bisa mengimbangi speed rider lain, apalagi memakai ban baru di kualifikasi.

"Banyak pembalap kencang saat ini. Tapi dalam buku saya Franky adalah yang harus dikalahkan. Saya anggap ia salah satu favorit, bukan hanya kualifikasi tetapi juga saat raceday," sebut Miller. 

Sebentar lagi akan terlihat seberapa jitu prediksi pembalap pabrikan Ducati vs pembalap satelit Yamaha itu. (rnp)

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh