MotoGP 2021 Qatar: Awas, Rawan di R1 dan R2!

Minggu, 28/03/2021 21:30 WIB

mobilinanews (Qatar) - Sesi warm-up pada Minggu (28-3-2021) menempatkan duet Yamaha Fabio Quartararo dan Maverick Vinales sebagai tercepat. Francesco Bagnaia malah terjerembab ke urutan 15.

Itu memang hanya sesi pemanasan jelang race pada pukul 24.00 WIB malam ini. Tak berepengaruh signifikan karena race berlangsung pada cuaca dan suhu lintasan yang berbeda. Hanya saja angin kencang yang bertiup saat warm-up bisa merepotkan jika berlanjut ke saat balapan sesungguhnya.

Dan, terlepas ada angin atau tidak, komposisi grid position di seri pembuka musim 2021 itu memunculkan potensi drama awal selepas start dan seterusnya ke R1 dan R2. Itu tergambar dari taktik yang sudah disiapkan para pembalap di front row maupuan 2nd row.

Fransesco Bagnaia (Ducati) yang meraih pole perdananya di kelas primer sudah berpikir hal utama yang harus dilakukan adalah mengamankan posisi terdepan di separoh lap.pertama. Jika itu berhasil barulah fokus untuk meraih kemenangan perdana.

Vinales dan Quartararo pun punya rencana sama dengan motivasi berbeda. Sejak tes pra musim lalu Vinales sudah berlatih khusus melakukan start karena poin itu yang acap jadi sumber masalahnya saat race. Saat warm up ia kembali latihan start.

"Jika tak bisa langsung ke depan, minimal berada di.posisi kedua di awal balapan," tegasnya.

Quartararo yang start bareng dari sebelah Vinales juga punya tekad yang sama.

"Kami harus sesegera mungkin berusaha rebut posisi terdepan dan langsung jauhkan jarak sebanyaknya. Jika tidak, kami akan kerepotan melawan Ducati di trek lurus," katanya.

Di belakang mereka ada Valentino Rossi, Jack Miller dan Johann Zarco yang datang dengan tekad sama - langsung menyodok selepas start. 

Dengan kekuatan motor yang relatif imbang maka momen start perdana musim 2021 itu sangat berpotensi memunculkan drama. 

"Detik-detik awal selepas start saya kira akan menentukan hasil akhir. Saya sendiri akan berjuang keras agar secepatnya berada di posisi.kedua," tegas Jack Miller yang tercepat saat tes pra musim tapi di ajang resmi ini malah kalah dengan rekannya, Bagnaia, dalam perebutan pole position. (rnp)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda