MotoGP 2021 Qatar: P1 Buah Ketenangan Maverick Vinales, Joan Mir Korban Bologna Bullets

Senin, 29/03/2021 02:41 WIB

mobilinanews (Qatar) - Sudah berlatih khusus start sejak winter test. Tapi, lagi-lagi Maverick Vinales gagal lakukan start mulus di seri pembuka GP Qatar, Senin (29-3-2019} dinihari WIB. Start dari P3, ia malah terlempar secara `ajaib` ke urutan 5.

Tiga rider Ducati, Jack Miller, Johann Zarco dan Jorge Martin (duet Pramac Ducati) tiba-tiba saja sudah menyalip Vinales dan rekan satu timnya, Fabio Quartararo. Miller dan Zarco bisa dimaklumi karena start dari P5 dan 6. Tapi untuk martin terbilang ajaib lantaran ia start dari posisi 14 dan mendadak sudah berada di urutan 4.

"Benar-benar buruk saat start, Tapi, saya berusaha tenang," kata Vinales yang meraih kemenangan pertamanya dengan Yamaha saat debutan di GP Qatar 2017.

Perlahan tapi pasti ia dan Quartararo mulaimengejar 4 Ducati di depan dan berhasil di lap ke-3 menggusur Martin. Setelah menyalip Miller dan Quartararo, maka di lap ke-11 tinggal Zarco dan pole sitter Francesco Bagnaia yang berada di depannya. Di bagian ini, kata Vinales, konsentrasi dan upayanya benar-benar teruji. Ia dengan mudah tertinggal di trek lurus karena Ducati memang punya andalan top speed yang saking kencangnya dijuluki Bologna Bullets merujuk pabrik Ducati di Bologna, Italia.

Baru pada lap 12 ia mampu menggusur Zarco. Dan, dengan manuver cantik dan berani, akhirnya Vinales mengakhiri dominasi Bagnaia sepanjang 14 laps bersamaan dengan ban belakang Bagnaia yang mulai lemah. Delapan lap sisa relatif lebih mudah buat Vinales.

"Benar-benar melelahkan dan sulit mengalahkan Ducati. Akhirnya sangat menyenangkan, ini kemenangan fantastis," ucap Vinales yang tentu saja salahs atu kandidat juara dunia tahun ini seperti sebelumnya.

Selain Yamaha, ternyata Suzuki juga masih kuat dengan proses persis seperti tahun lalu. Melakoni start dari urutan 8 dan 9, Alex Rins dan Joan Mir mulai memberi tekanan sejak lap 12. Pada lap 20, Mir sang juara dunia 2020 sudah masuk 3 Besar. Sayang, drama buruk di lap terakhir harus ia terima. Ia sempat masuk urutan 2 di belakang Vinales, tapi melebar saat masuk trek lurus pendek jelang garis finish. Saat itulah Bagnaia dan Zarco secara bersamaan menyalipnya dengan andalan Bologna Bullet-nya.

Mir pun harus keluar dari zona podium dengan kerugian signifikan. Dari seharusnya ia bawa 20 poin, akhirnya hanya 13 saja yang di dapat.  (rnp)

KLASEMEN SEMENTARA MOTOGP 2021

Pos. Rider Bike Nation Points
1 Maverick VIÑALES Yamaha SPA 25
2 Johann ZARCO Ducati FRA 20
3 Francesco BAGNAIA Ducati ITA 16
4 Joan MIR Suzuki SPA 13
5 Fabio QUARTARARO Yamaha FRA 11
6 Alex RINS Suzuki SPA 10
7 Aleix ESPARGARO Aprilia SPA 9
8 Pol ESPARGARO Honda SPA 8
9 Jack MILLER Ducati AUS 7
10 Enea BASTIANINI Ducati ITA 6
11 Stefan BRADL Honda GER 5
12 Valentino ROSSI Yamaha ITA 4
13 Miguel OLIVEIRA KTM POR 3
14 Brad BINDER KTM RSA 2
15 Jorge MARTIN Ducati SPA 1

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap