Siap Datangkan Truk Listrik, Fuso Minta Pemerintah Support Charging Listrik

Selasa, 30/03/2021 15:20 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Indonesia menjadi salah satu pasar potensial bagi pengmbangan pasar mobil listrik. Beberapa Agen tunggal Pemegang Merek (ATPM) sudah memboyongnya, termasuk e-Canter sebagai truk listrik Mitsubishi Fuso.

Meskipun demikian, pasar truk listrik belum bisa berkembang karena belum adanya support signifikan terkait dengan infrastruktur pengecasan yang menjadi bagian penting dari kendaraan listrik. Hal ini yang menjadi tantangan utamanya.

Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Naoya ‘Rocky’ Takai menyebutkan pada tahun 2020, mereka sudah memperkenalkan truk listrik di Indonesia tetapi masih terkendala dengan ketersediaan infrastruktur pengecasan ulang baterai Electric vehicle tersebut.

"Electric Vehicle sudah kami perkenalkan tahun lalu. Tentunya kami meminta dukungan dari pemerintah untuk bisa mengelaborasinya dengan adanya Recharging EV ini. Paling menantang adalah soal insrastrukturnya. Sejauh mana infrastruktur tersebut seperti Charging Station itu, bisa tersedia di banyak tempat," kata Takai di Jakarta, Selasa (3/3)

Ia optimis dengan pasar Electric Vehicle, tidak hanya untuk kendaraan penumpang tetapi juga kendaraan komersial karena market Indonesia yang besar. Jika dukungan pemerintah dalam hal infrastruktur memadai ke depan pasar kendaraan listrik akan semakin baik.

"Hal yang positif bahwasannya ini (EV) merupakan market yang baik di masa depan. Tentunya support dari pemarintah dibutuhkan, agar ke depan truk listrik juga bisa masuk ke Indonesia dan memberikan hal positif," ungkapnya.

Untuk diketahui, KTB telah memperkenalkan versi produksi e-Canter di ajang pameran GIICOMVEC 2020. Truk listrik ini memiliki daya angkut maksimal 7 ton. e-Canter merupakan truk listrik murni. Sekali cas ful, ia bisa menempuh jarak 100 kilometer.

Untuk pengisian daya di instalasi listrik rumah, baterainya bisa penuh sekitar 9 jam. Sementara untuk pengisisan daya cepat, kurang lebih 1 jam. (Elk)

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing