Rossi Banding ke CAS, Asa Juara Dunia Kembali Terbuka

Sabtu, 31/10/2015 17:07 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Usaha Valentino Rossi untuk merebut titel juara dunia MotoGP 2015 tidak hanya ditentukan lewat race terakhir di Valencia, Minggu 8 November 2015 nanti. Tetapi juga melalui jalur banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga atau Court of Arbitration for Sport (CAS).

Ini terkait hukuman yang diterimanya saat di Sepang, Malaysia kemarin, dimana Rossi diberikan penalti 3 poin dan harus memulai lomba dari urutan belakang akibat bersenggolan dengan Marc Marquez.

Sinar terang akhirnya datang, keputusan banding tersebut akan diputuskan oleh CAS pada 6 November 2015, dua hari sebelum race Valencia berlangsung. Bila banding tersebut diterima, dipastikan VR46 bisa menjalani race secara normal dan start sesuai dengan hasil kualifikasi pada hari Sabtu (7/11).

Ini berarti, kesempatan merengkuh gelar MotoGP-nya yang ke-10 bisa semakin terbuka lebar. Karena Rossi hanya butuh untuk finish persis di belakang Lorenzo, rekan setim-nya di Movistar Yamaha yang berada di peringkat kedua klasemen.

Tetapi bila banding tersebut kembali ditolak, seperti usaha sebelumnya mengajukan banding kepada otoritas MotoGP, artinya Rossi tetap harus start dari belakang.

CAS merupakan organisasi independen tempat penyelesaian sengketa dalam bidang olahraga dunia yang bermarkas di Lausanne, Swiss. Badan ini tidak berhubungan dengan organisasi olahraga balap seperti FIM.

"Dalam bandingnya ke CAS, Rossi menyampaikan permohonan pembatalan hukuman atau pengurangan poin penalti dari 3 ke 1. Rossi mendesak agar permohonan ini bisa dieksekusi secepatnya agar bisa mengikuti race Valencia secara normal," seperti yang ditulis dalam siaran pers.

Saat ini prosedur arbitrase sedang berlangsung. Keputusan diharapkan bisa segera diterbitkan paling lambat pada 6 November 2015.

Semoga semua bisa berjalan sesuai dengan harapan Rossi sehingga lomba bisa berlangsung seru dan ketat sesuai dengan mimpi bos Dorna.

TERKINI
HUT ke-1 VIORI Chapter Tangerang, Wahana Makmur Sejati Dorong Komunitas Motor Honda Jadi Pelopor Cari Aman Berkendara Persaingan MotoGP 2024 Makin Ketat, Juara 1 dan 2 Hanya Selisih Dibawah 1 Detik, Ini Buktinya! Round 2 Mandalika Racing Series 2024 Makin Seru, Disponsori Pertamina dan Ada Kelas Baru Kabel Kelistrikan Motor Ternyata Punya Batas Usia, Simak Cara Mengetahui Kabel Masih Layak Atau Tidak!