F1 2021: 23 Race, Berapa Podium Milik Ferrari?

Selasa, 06/04/2021 16:36 WIB

mobilinanews (Italia) - Jawaban dari pertanyaan di judul itu adalah tergantung keadaaan, tergantung keberuntungan. Dua tim terkuat, Mercedes dan Red Bull, sudah bisa dipastikan akan menempatkan 4 pembalap yang akan bergantian mengisi 3 tempat di podium.

Musim 2019 saat mattia Binotto mulai menjabat Team Principal Ferrari, duet Sebastian Vettel dan Charles Leclerc menyumbang 19 podium. Tiga diantaranya berupa kemenangan (2 Leclerc dan 1 Vettel). Tahun berikutnya, 2020, terjadilah musim terburuk Ferrari sepanjang sejarah dengan raihan hanya 3 podium tanpa kemenangan. Podium terakhir yang diraih Vettel di GP Turki pun lebih karena keberuntungan saat lomba berlangsung di lintasan basah (wet race). Itu juga P3. 

Di seri pembuka musim 2021 di GP Bahrain lalu, pasangan baru Leclerc dan Carlos Sainz (eks McLaren) memang finish menggembirakan di urutan 6 dan 8. Tapi jaraknya mencapai 22 detik dari Valtteri Bottas (Mercedes) yang berada di podium 3. 

"Artinya kami masih sangat jauh ke zona podium. Msih sangat panjang perjuangan yang dibutuhkan," kata Binotto yang memperkirakan Max Verstappen dan Sergio Perez di kubu Red Bull plus Lewis Hamilton dan Bottas di skuad Mercedes akan bergantian secara regular mengisi podium musim 2021.

Seemikian panjangnya gap yang terbentang, Binotto pun pasrah kalau The Prancing Horse hanya akan bertarung di level tengah sepanjang musim ini. Dibandingkan W12 milik Mercedes dan B16B milik Red Bull, SF21 milik Ferrari masih tertinggal di banyak area. Termasuk di trek lurus meski musim ini Ferrari sudah tingkatkan kemmpuan mesinnya dengan power lebih 20 HP dari versi terdahulu.

"Itu realita yang harus kami terima. Tahun ini tak ada pengembangan khusus buat SF21 karena tim sudah berkosentrasi menyaipakn mobil 2022 yang saya yakini tim lain juga lakukan hal sama," terang Binottto.

Karena itu pula ia tak berani pancang target podium untuk dua driver-nya. Dapat podium atau tidak, katanya, sangat bergantung pada kondisi balapan di masing-masing trek. Menunggu celah yang bisa dimanfaatkan Leclerc atau Sainz, seperti halnya Vettel di GP Turki tahun lalu.

Yang menggembirakan bos Ferrari ini adalah rasa nyaman Leclerc dan Sainz yang mulai terbangun di atas SF21. Mereka mulai memahami karakter dan limit mobil.

"Saya kira setelah 3 atau 4 balapan berikutnya baru mereka bisa tunjukkan performa sesungguhnya dari SF21," tegs Binotto, tapi dengan catatan itu pun belum tentu main regular di zona podium.

Jadi, bersiaplah para tifosi untuk juga menerima keadaan seperti halnya Binotto. (rnp)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh