F1 Meksiko : Rosberg Juara, Duo Ferrari Tidak Finish

Senin, 02/11/2015 08:21 WIB

mobilinanews (Meksiko) - Nico Rosberg keluar sebagai juara GP Meksiko, Senin (2/11) dinihari kemarin. Ini menjadi gelar juara keempat bagi Rosberg di musim ini. Sebelumnya, andalan tim Mercedes itu  naik podium di F1Austria Juni lalu.

Lewis Hamilton, rekan satu timnya yang telah mengunci gelar juara dunia pekan lalu finish   kedua. Serta podium ketiga direbut pebalap Williams, Valtteri Bottas.

Dengan hasil ini, Hamilton memimpin klasemen pebalap dengan 345 poin, Rosberg kedua dengan 272 poin sekaligus menggeser Sebastian Vettel yang tak mendapat angka karena gagal finish.

Rosberg sebagai pemegang pole start dengan mulus di Autodromo Hermanos Rodriguez, Meksiko. Meski sempat mendapat tekanan dari Hamilton, Rosberg mampu mempertahankan posisinya hingga tikungan pertama.

Di sisi lain Sebastian Vettel yang start dari posisi ketiga mendapat banyak tekanan. Dia disalip Daniil Kvyat dan sempat bersenggolan dengan Daniel Ricciardo di tikungan pertama. Vettel kemudian harus masuk pit karena insiden tersebut membuat ban kanan belakangnya pecah. Vettel menempati posisi ke-19 saat kembali ke lintasan.

Mulai lap ketiga, Rosberg menjauh dari Hamilton. Pebalap Jerman itu mencatat waktu terbaik satu menit 25,195 detik atau unggul 1,3 detik dari rekan setimnya itu.

Rosberg terus memimpin jalannya balapan. Sementara itu, Kimi Raikkonen yang memulai balapan dari urutan ke-18 karena mendapat penalti perlahan mulai memperbaiki posisinya. Pebalap Ferrari itu sudah berada di posisi kesembilan di lap 11.

Balapan di Meksiko tampaknya benar-benar jadi hari yang buruk untuk Vettel. Di lap 52, mobilnya tergelincir dan menabrak dinding pembatas. Vettel pun harus mengakhiri balapannya. Dengan demikian, dua pebalap Ferrari gagal finish. Sementara itu, safety car masuk ke lintasan.

Setelah safety car meninggalkan lintasan di lap 56, Rosberg kembali harus membangun keunggulannya. Sebelumnya, dia sempat unggul sampai 3,5 detik di depan Hamilton. Di lap 59, Rosberg meninggalkan Hamilton dengan memimpin 1,5 detik di depannya. Sementara itu, Bottas menyalip Kvyat untuk merebut posisi ketiga.

Sejak saat itu, Rosberg terus memimpin jalannya balapan. Memasuki lap terakhir, Rosberg unggul 1,6 detik dari Hamilton. Dia akhirnya mampu mempertahankan posisinya hingga menyentuh garis finish.
Balapan F1 masih menyisakan 2 seri di Brazil dan Brazil. Siapa bakal menjadi runner up di bawah Hamilton?

Hasil Balapan GP Meksiko:

1. Nico Rosberg Mercedes-Mercedes 1:42:35.038
2. Lewis Hamilton Mercedes-Mercedes +1.9s
3. Valtteri Bottas Williams-Mercedes +14.5s
4. Daniil Kvyat  Red Bull-Renault +16.5s
5. Daniel Ricciardo  Red Bull-Renault +19.6s
6. Felipe Massa  Williams-Mercedes +21.4s
7. Nico Hulkenberg  Force India-Mercedes +25.8s
8. Sergio Perez  Force India-Mercedes +34.3s
9. Max Verstappen Toro Rosso-Renault +35.2s
10. Romain Grosjean Lotus-Mercedes +37.9s
11. Pastor Maldonado  Lotus-Mercedes +38.5s
12. Marcus Ericsson  Sauber-Ferrari +40.1s
13. Carlos Sainz Jr  Toro Rosso-Renault +48.7s
14. Jenson Button  McLaren-Honda +49.2s
15. Alexander Rossi  Manor Marussia-Ferrari +2 lap
16. Will Stevens  Manor Marussia-Ferrari +2 lap

Tidak Finis

Felipe Nasr  Sauber-Ferrari
Sebastian Vettel  Ferrari-Ferrari
Kimi Raikkonen  Ferrari-Ferrari
Fernando Alonso McLaren-Honda

TERKINI
Yamaha dan Honda Gelar Tes Privat di Mugello Mulai Hari Ini, Service Motor Matic di AHASS Jakarta-Tangerang Dapat Diskon BYD Seal 06 DM-i, Mobil dengan Teknologi Hybrid Terbaru, Memiliki Fitur Canggih PO TAM Tambah 10 Unit Bus Mercedes-Benz OH 1626L Euro 4 Untuk Mendukung Bisnis!