MotoGP 2021: Tok, Tak Ada MotoGP Tahun Ini di Sirkuit Mandalika!

Jum'at, 09/04/2021 20:01 WIB

mobilinanews (Nusa Tenggara Barat) - Dua hari setelah kunjungan perwakilan FIM dan Dorna Sports ke Sirkuit Mandalika, NTB, Indonesia, maka Jumat (9 April 2021) hari ini keluar pernyataan dari big bos Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

Carmelo tentu sudah dengar laporan khusus dari putranya, Carlos Ezpeleta, yang mendampingi utusan FIM Franco Uncini dan Loris Capirossi saat berkunjung ke Mandalika pada Rabu lalu. Ketiganya singgah di Mandalika usai hadir di dua race awal MotoGP di Qatar.

Ezpeleta tak menjabarkan apa yang dilaporkan tim Dorna dan FIM itu soal trek Mandalika yang masih dalam proses pembangunan.

"Kunjungan ke Lombok sangat sukses dan kami dapat memastikan bahwa Srkuit Internasional Mandalika akan menjadi salah satu tempat terpenting dalam kalender MotoGP di masa depan," katanya seperti ditulis Motorsport.com.

Selebihnya Ezpeleta bicara soal potensi pasar di Indonesia seperti berkali-kali ia sebut sejak beberapa tahun lalu. Bahwa negeri ini pasar penting bagi seluruh pemangku kepentingan di MotoGP, tak lain karena industri sepeda motor yang sangat besar dan begitu juga fans MotoGP yang salah satu terbesar di dunia.

Selanjutnya motorsport.com menyebut kalau status GP Indonesia di Mandalika sebagai cadangan di musim 2021 telah dicabut Dorna dalam revisi jadwal terakhir. Sebagai cadangan pun tidak maka bisa dimaknai kalau potensi Indonesia menggelar MotoGP pada tahun ini juga sudah sirna.

Yang masih ada dalam jadwal adalah seri balap WSBK yang penyelenggaraan dan hak komersialnya juga milik Dorna. Race WSBK tetap dalam jadwal 14 November 2021.

Disebutkan juga kalau Dorna saat ini sudah menyusun rencana menjadikan trek Mandalika sebagai ajang tes MotoGP pada akhir tahun 2021, sekaligus menyiapkan kemungkinan race MotoGP di kawasan Asia Tenggara bisa dihelat pada Maret 2022.

Dikutip dari media yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan mendukung sepenuhnya ajang MotoGP digelar pada Maret 2022. Artinya, bukan lagi di 2021 seperti selama ini diupayakan.

"Ini sejalan dengan akselerasi program vaksinasi nasional. Kami ingin menjamin keamanan para pengunjung domestik maupun internasional," kata menteri yang membawahi ITDC - badan pengelola kawasan khusus Mandalika - yang merupakan perusahaan BUMN.

Dalam artikel lainnya, motorsport.com juga menulis panjang lebar soal dugaan pelanggaran HAM di Mandalika yang diapungkan Olivier de Schutter sebagai peapor khusus di PBB.

Hanya saja dalam berita ini sama sekali tak ada komentar dari Dorna Sports maupun utusan teknis dari FIM. (rnp)

 

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda