Kemenparekraf : IIMS Hybrid 2021 Akan Menjadi Percontohan Penyelenggaraan Pameran Lainnya!

Jum'at, 09/04/2021 18:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) -  Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid siap digelar pada 15-25 April di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh mengatakan, IIMS Hybrid 2021 bakal mematuhi pedoman Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability (CHSE), untuk mencegah penularan Covid-19.

Mewujudkan metode gabungan online dan offline, salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia ini diharapkan menjadi gerbang pembuka untuk event-event MICE lainnya.

"IIMS Hybrid 2021 diharapkan menjadi pintu gerbang pembuka bagi acara-acara lain yang akan digelar secara offline. Tentu, fokus kami kali ini pada pedoman CHSE,” ujar Kohen sapaan akrabnya pada konfrensi pers virtual, Jumat (9/4/2021) sore.

Dia mengungkapkan maksimum pengunjung adalah 25 persen dari kapasitas normal. Dyandra akan menerapkan beberapa cara untuk memaksimalkan protokol kesehatan di area pameran.

Pertama, apabila hari itu misalkan ditentukan maksimal pengunjung 2.500 orang, pengunjung dengan nomor register 2.501, akan digeser ke hari berikutnya.

Kemudian ketika pengunjung sudah masuk ke hall, mereka tidak akan bisa langsung masuk ke booth pameran, karena ada pembatasan lagi di area booth.

Selain itu, akan ada sistem check-in dan check-out, jadi kita akan tahu berapa jumlah pengunjung yang masih ada di masing-masing booth.  

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi panduan CHSE apakah bisa digunakan dengan semestinya.

Selain itu, juga menjadi bahan bagi pemberi izin kegiatan terkait bagaimana kesiapan dari industri pameran untuk bisa menyelenggarakan suatu pameran.

"Kita tahu IIMS ini merupakan salah satu pameran yang cukup besar di Indonesia. Penyelenggaraan hybrid ini, saya pikir sangat memberikan benefit buat kita semua. Baik dari segi jangkauan yang akan datang ke acara maupun yang melalui online,” ungkap Rizki Handayani.

Dalam penyelenggaraan pameran nanti diharapkan akan ada evaluasi atau monitoring dari Dyandra Promosindo bagaimana CHSE ini dijalankan. Sebab, diharapkan kegiatan ini bagian dari percontohan.

"Apa yang dilakukan Dyandra Promosindo karena yang pertama kali dan akan menjadi percontohan buat yang lain, baik yang dilakukan event organizer maupun pemerintah daerah. Karena kita tahu pemerintah daerah juga banyak melaksanakan berbagai kegiatan pameran,” pungkasnya. (bs)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag