F1 2021: Jadwal F1 Imola Diundur, Hormati Pemakaman Pangeran Philip

Rabu, 14/04/2021 02:35 WIB

mibilinanews (Inggris) -Prosesi pemakaman Pangeran Philip berlangsung Sabtu, 17 April 2021 pukul 15.00 waktu Eropa. Membuat jadwal F1 di Imola harus mundur.

FIA dan Manajemen Formula One telah sepakat untuk mengubah jadwal latihan dan kuakifikasi GP Emilia Romagna di Imola, Italia, akhir pekan ini. Tujuannya agar tidak bentrok dengan upacara kerajaan saat pemakaman suami Ratu Elisabeth II itu di Kapel St George.

Jadwal pemakaman itu bentrok dengan sesi kualifikasi pada Sabtu. Akibatnya sesi ini dimundurkan satu jam dari waktu awal.

"FIA dan Formula 1 hari ini memutuskan untuk mengubah jadwal kualifikasi GP Emilia Romagna sebagai penghormatan untuk acara pemakaman Yang Mulia Pangeran Philip," bunyi rilis FIA pada hari ini.

Konsekuensinya adalah sesi latihan yang otomatis juga harus diundur. Sesi FP3 pada Sabtu juga ikut dimajukan karena regulasi mengharuskan jeda waktu 120 menit antara akhir FP3 dengan awal kualifikasi.

Berikutnya sesi FP1 dan FP2 pada Jumat (16 April) juga ikut digeser mundur. Tak lain karena peraturan tertulis F1 yang menyatakan akhir dsri FP2 harus minimal 19 jam masa jedanya sampai awal FP3.

FIA juga menetapkan upacara mengehningkan ciota jelang kualifikasi pada Sabtu.

"Untuk memberikan kesempatan bagi semua orang untuk menunjukkan rasa hormat mereka," imbuh pernyataan teetulis itu.

Tujuh dari 10 tim yang berlaga di F1 memiliki markas di Inggris. Hanya tiga yang diluar Inggris yakni Ferrari, AlphaTauri dan Alfa Romeo. Mayoritas kru F1 juga asal Inggris. 

Menarik menunggu gestur tubuh Lewis Hamilton dalam upacara hening cipta nanti. Pasalnya pembalap Mercedes asal Inggris itu tidak menunjukkan respeknya atas kematian Pangeran Philip. Sebaliknya malah memberikan perhatian besar atas kematian rapper AS. Membuat publik Inggris saat ini ramai menghujatnya. (rnp)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag