Riding Analyzer Bermanfaat Sebagai Pengukur Skill Riders

Senin, 02/11/2015 21:29 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Dalam dunia balap ada satu piranti yang dapat mengukur performa berkendara para ridernya. Salah satu alat yang kerap dibawa oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) setiap pelaksanaan Yamaha Sunday Race (YSR) 2015, selalu membawa serta mesin penguji skill balap bagi para pebalap pro maupun komunitas yang berkompetisi di YSR. Mesin deteksi performa pebalap ini bernama Riding Analyzer.

“Melalui alat ini, pebalap dapat melihat performa balap masing-masing. Akan terlihat skor dari semua informasi yang disampaikan oleh sensor. Jadi Riding Anylyzer bermanfaat sebagai pengukur skill pebalap sebelum tanding dan menerapkan strategi balap,” ujar Agung selaku salah satu operator Riding Analyzer dari YIMM.

Riding Analyzer merupakan sebuah piranti pintar yang dapat mengukur setidaknya 9 part dari motor dengan paduan strategi penunggangnya selama balapan. Alat ini dapat mendeteksi rem, suspense depan dan belakang, kecepatan, Rpm, kemiringan motor, hingga handling. Pola kerja alat ini, bekerja dari sensor yang diletakan di bagian-bagian yang disebutkan diatas. Sensor akan mengirim data ke computer dan terekam dalam SD card.

Alat seharga Rp 80 juta per setnya ini, setara dengan 2D Data Lodger yang biasa digunakan di ARRC (Asia Road Race Championship). Komunitas yang ingin mengetahui skill balapnya masing-masing dapat mendaftar dan akan di seleksi oleh petugas dari YIMM. Dalam setiap serinya, YIMM memberikan 20 kesempatan bagi pebalap yang beruntung.

Saat YSR, YIMM memberikan kesempatan bagi para rider, khususnya dari komunitas untuk mencoba alat ini secara gratis. YIMM menyediakan 5 unit Yamaha R25 yang telah dipasangi sensor dan siap mengirimkan data akurat performa masing-masing penggunanya.

Namun dikarenakan Riding Analyzer ini hanya digunakan saat YSR yang waktunya sangat terbatas maka banyak rekan-rekan komunitas yang kurang puas karena belum mendapatkan kesempatan.

“Karena waktunya sangat terbatas makanya kami bagi dalam 2 sesi yang masing-masing pebalap memiliki kesempatan 5 lap. Banyak yang meminta waktunya diperpanjang, namun mungkin YIMM akan merencanakan dilain waktu diluar pelaksanaan YSR.

Bagi pebalap yang sudah mencicipi alat canggih ini, dapat melihat langsung hasil putaran lap berikut skornya di http://ridinganalyzer.yamahamotor-webservice.com/

insertYamaha Indonesia menyediakan 5 motor R25 yang telah dipasangi Riding Analyzer di YSR

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap