Ternyata Ini Keunggulan Xpander AP4 Antar Rifat Sungkar Juarai Sprint Rally di Tanjung Lesung

Jum'at, 16/04/2021 11:38 WIB

mobilinanews (Banten) - Rifat Sungkar juara sprint rally atau speed rally itu biasa. Pereli international itu sudah kenyang asam garam dunia motorsport lintasan offroad tersebut. Tercatat, sudah 20 kali pereli dan brand ambassador Mitsubishi ini mencatatkan namanya sebagai juara nasional rally. Belum lagi yang event kelas Asia bahkan dunia. 

Tapi, Rifat menjadi juara putaran 1 Kejurnas Sprint Rally di sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, pada Minggu (10-11/4/2021) bisa dbilang istimewa. Pasalnya, Rifat bersama navigator M Redwan menggeber Mitsubishi Xpander AP4 yang merupakan kendaraan jenis Low MPV (Multi Purpose Vehicle) biasa untuk harian. 

Lalu, apa kelebihan mobil dengan basic Mitsubishi Xpander Cross itu bisa begitu digdaya di dua hari event sprint rally melahap 4 Special Stage dan merupakan event perdana setelah setahun lebih vakum karena pandemi Covid-19?     

"Mitsubishi Xpander memiliki keunggulan rancang bangun, sehingga mempunyai pendistribusian berat yang baik serta keseimbangan yang juga mumpuni. Setelah dimodifikasi tim Ralliart Selandia Baru, menjadi spesifikasi Xpander AP4 yang terbukti andal di ajang sprint rally di Kejurnas Tanjung Lesung," ungkap Rifat Sungkar.

Bertarung dengan kompetitornya di kelas M1 merupakan kelas utama dan paling bergengsi, berkat Xpander AP4 andalan Rifat selalu memimpin di 1 SS hari Sabtu dan 3 SS hari Minggu sehingga saat naik podium sebagai juara pertama leading 10 detik atas pereli dari Binuang Kalimantan Selatan, H Rihans Variza dan navigator Andy Rendi. 

“Sejatinya, Xpander adalah mobil LPMV yang sangat cocok untuk keluarga. Namun saya memiliki pandangan berbeda ketika melihat Xpander untuk pertama kalinya, di mana memiliki keseimbangan sasis sangat baik, sehingga saya berpikir memenuhi kriteria dan dapat dimaksimalkan untuk dipakai di ajang kompetisi sprint rally dan speed rall," terang Rifat.

Xpander Cross putih polos yang disiapkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pun segera dikirim ke markas Ralliart Selandia baru, untuk dibangun sesuai regulasi rally AP4.

Dan nyatanya, setelah Xpander dimodifikasi untuk kompetisi di ajang reli, Rifat merasakan kecepatan dan kenyamanan berkat pengembangan body kit dan perubahan weight distribution (keseimbangan berat).

Rifat menjelaskan, pada bagian depan tetap mempertahankan grill dan bumper yang menjadi ciri khas Xpander Cross. Tetapi untuk kepentingan handling, bumper dibuat jauh lebih lebar. “Ini karena aerodinamiknya sudah dipikirkan untuk kecepatan tinggi, supaya cornering berjalan baik,” ujar Rifat.

Menurut Rifat, lebar Xpander AP4 juga bertambah 10-12 cm karena ukuran fender yang diperbesar mengikuti AP4 regulation yaitu 1.820 mm, namun tidak mengubah desain khas Mitsubishi Xpander. Kapasitas mesin dinaikkan dari 1.500 cc menjadi 1.600 cc dengan turbocharger, sehingga terlihat ada dua lubang udara di atas kap mesin.

Selanjutnya, untuk kepentingan kompetisi sprint rally maupun rally, spion dibuat lebih kecil dan lebih aerodinamis dengan posisi mundur ke belakang sekitar 20 cm. Ini dilakukan untuk menyesuaikan posisi duduk yang juga mundur 20 cm.

“Posisi duduk mundur ke belakang, tujuannya untuk weight distribution yang jauh lebih baik untuk handling di kecepatan tinggi,” ungkap Rifat.

Hasil modifikasi lainnya, Xpander AP4 bisa menghemat bobot sekitar 8 kilogram dengan tidak menggunakan kaca biasa, melainkan plexiglass yang lebih ringan.

Kaca di sisi kemudi juga dilengkapi window slider yang berfungsi sebagai saluran udara. Masukan angin tidak hanya dari window slider, tetapi juga melalui air scoop di bagian atas mobil berbahan karbon.

Pada bagian belakang, over fender untuk memenuhi AP4 regulation 1.820 mm. Namun over fender tersebut tidak dibuat terlalu besar karena basic dari Xpander memang memiliki bodi yang lebar.

Kelebihan Xpander MP4 lainnya penggunaan dua jenis wing belakang. Pertama tipe besar untuk kebutuhan high speed, sedangkan tipe yang lebih kecil tersedia untuk trek balap yang berkelok-kelok. "Wing ini akan berpengaruh cukup besar saat berkecepatan tinggi, tergantung trek rallynya seperti apa tinggal menyesuaikan," tutur Rifat.

Selanjutnya pada bagasi belakang juga menggunakan kaca plexiglass dan berbahan karbon. “Karena sudah ada tekanan besar di wing atas, bagasi karbonnya menguntungkan untuk weigh distribution,” terangnya.

Penampilan perdana Xpander AP4 di ajang resmi Sprint Rally Tanjung Lesung pekan lalu, membuktikan mobil produksi PT MMKSI tangguh di berbagai medan : untuk harian maupun untuk kompetisi motorsport. (bs)

 

 

TERKINI
OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya