WRC 2021 Kroasia: Kalle Rovanpera Crash, Sementara Dikuasai Thierry Neuville

Sabtu, 24/04/2021 01:03 WIB

mobilinanews (Kroasia) - Baru beberapa menit masuk SS1 Rally Krosia 2021, pereli belia Toyota Gazoo Racing Kalle Rovanpera harus ke luar arena. Sekaligus ia kehilangan posisi sebagai pemimpin klasemen sementara.

Pereli Finlandia berumur 20 tahun itu gagal mengendalikan Yaris WRC-nya sesaat masuk SS1 Plesivica yang mengawali kali pertama Kroasia menggelar event WRC pada Jumat, 23 April 2021.

Mobilnya melebar saat masuk tikungan sempit, dan seketika tak terkendali dan masuk kawasan pepohonan dan tersangkut. ia dan navigatornya bisa keluar dari pintu penumpang tanpa cidera, namun mobilnya rusak berat. 

Ia kini hanya bisa berharap para mekanik bisa mereparasi mobilnya dan turun kembali pada Sabtu (24/4) untuk setidaknya belajar pada dua hal: karakter mobilnya dan ban baru pasokan Pirelli. Syjur bisa dapat bonus point di {ower Stage pad hari terakhir lomba, Minggu nanti.

"Saya sangat kesal. Seluruh pemukaan trek sejak start sangat licin. Kami berjuang dengan banyak understeer. Grip ban hilang saat masuk tikungan kanan berkarakter cepat. Roda ke luar lintasan dan mobil langsung menuju pepohonan," cerita putra legenda reli Finlandia Harry Rovanpera itu.

"Saya benar-benar minta maaf kepada tim. Ini kesalahan saya dan saya akn belajar dari sini."

Pada tengah malam ini WIB, Rally Krosia sudah tuntaskan 8 SS sepanjang Jumat (23/4). Pereli tim Hyundai Thierry Neuville memimpin kejuaraan sementara dengan keunggulan 7,7 detik atas Sebastien Ogier (Toyota). Neuville memenangi 3 SS sementara Ogier marih kemenangan 2 kali. Pemenang SS lainnya adalah Ott Tanak (Hyundai) dan Elfyn Evans (Toyota). 

Sabtu (24/4) akan dilombakan 8 SS (SS9 hingga 16). Ini akan jadi duel krusial antara Neuville, Ogier dan Evans untuk meraih posisi nyaman menyongsong 4 SS terakhir pada Minggu (25/4/2021).

Menentukan arah siapa dari mereka yang akan menggantikan posisi Rovanpera sebagai pemimpin baru kelasemen kejuaraan dunia WRC 2021. (rnp)

 

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024