WRC 2021 Kroasia: Hyundai Kalah Berjudi Soal Ban, Ogier Ambil Alih Klasemen

Sabtu, 24/04/2021 23:18 WIB

mobilinanews (Kroasia) - Delapan SS (Special Stage) di Rally Kroasia sepanjang Sabtu (24-4-2021) jadi kelabu buat tim Hyundai. Posisi teratas pada 8 SS kemarin, langsung amblas usai SS9. Tak lain karena perjudian soal ban dimenangkan skuad Toyota.

Hyundai memilih opsi penggunaan ban campuran, kombinasi ban keras dan lunak sementara Toyota memilih semua roda pakai hard tyres. Ternyata trek aspal Krosia pada Sabtu pagi tadi lebih cocok dengan pilihan Toyota. Keempat rodanya ngegrip bagus dan konsisten. Sebaliknya dengan Hyundai, bagian belakang mobil malah acap spin.

Akibatnya, pereli Hyundai Thierry Neuville yang tadinya memimpin kejuaraan langsung anjlok ke posisi 3. Sebelum start SS9 ia unggul 7,7 detik atas Sebastien Ogier (Toyota). Tapi, usai SS9 itu balik Ogier yang unggul 4,3 detik. 

Hingga tuntas SS16 pada malam ini WIB, Ogier menguatkan posisi teratas dengan keunggulan 6,9 detik atas rekan setimnya, Elfyn Evans, di posisi kedua dan unggul 10,4 detik atas Neuville di posisi ketiga. Urutan 4 dihuni driver Hyndai lainnya, Ott Tanak, dengan defisit waktu 37,8 detik.

Seperti prediksi Ogier sebelumnya, ban baru Pirelli memang jadi perjudian besar di Kroasia yang baru kali ini jadi seri WRC. 

"Sangat jelas hasil hari ini ditentukan oleh pilihan ban di pagi hari tadi. Kami sangat terkejut dengan pilihan Hyundai. Tapi, karena kami semua masih mempelajari ban maka keputusan saat itu tak bisa dianggap tepat 100%. Saya cukup percaya diri dan untungnya pilhan kami lebih cocok dibandingkan rival," kata Ogier, pemegang 7 gelar WRC yang berencana pensiun di akhir musim 2021 ini.

Pada hari terakhir lomba, Minggu (25/4) berlangsung 4 SS. Dengan kondisi teerakhir usai SS16, tentu saja Ogier hanya butuh memenej waktu untuk meraih kemenangan. Sekaligus menebus kekalahan menyakitikan di Rally Arctic lalu. (rnp)

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda