Menperin Agus Gumiwang : Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Penuhi Ekspektasi Konsumen

Rabu, 28/04/2021 22:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang turut hadir pada pengenalan model SUV terbaru Toyota Raize dan Daihatsu Rocky secara virtual pada Rabu (28/4/2021) hari ini.

Menperin mengatakan, diperkenalkannya Raize dan Rocky merupakan kendaraan kapasitas mesin  1.500cc ke bawah yang saat ini memiliki pangsa pasar terbesar di Indonesia 34,1 persen untuk Januari-Februari 2021.

"Dengan mengusung model SUV (Sport Utility Vehicle) akan memenuhi ekspektasi konsumen kendaraan akan ketangguhan dan kelincahan di berbagai medan," ujar Menperin Agus Gumiwang. 

Menperin menambahkan dalam rangka meningkatkan penjualan produksi mobil dalam negeri, Pemerintah akan memberikan relaksasi PPnBN yang berlaku 1 Maret sampai 31 Desember 2021.

"Untuk PPnBM kendaraan roda empat dengan kapasitas mesin sampai dengan 1.500cc sebesar 0% dan mulai 1 April relaksasi diperluas sampai dengan kapasitas mesin 2.500 cc. Sampai dengan akhir Maret telah terjadi peningkatan penjualan sangat siginifkan untuk kendaraan roda empat dengan kapastas mesin 1.500cc sekitar 140 persen," ungkapnya.

Ini berdampak positif pada pemulihan sektor industri otomotif yang punya multiplyer effect yang sangat luas pada industri lainnya. Yang pada gilirannya akan mampu menjumpstart perekonomian nasional. 

Menperin Agung Gumiwang berharap Daihatsu sebagai produsen kedua mobil itu (Raize dan Rocky) berkomitmen meningkatkan local kompoplnen lebih dari 70 persen termasuk engine, body chasis dan tranmission.

"Juga ditargetkan mampu memproduksi sampai Desember 2021 dengan 34.300 unit di mana 8.800 unit di antaranya didedikasikan untuk pasar ekspor," lanjutnya. 

Hadirnya Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, tambah Menperin, akan memperkuat posisi Indonesia sebagai basis produksi kendaraan Toyota dan Daihatsu. (bs)

TERKINI
3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya IMI Pusat Menyurati Ketua IMI Nusa Tenggara Barat Terkait Pembatalan MXGP 2024 di Sumbawa dan Lombok, Ini Alasannya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta