Lebih Efisien dan Ramah Kantong, Ridwan Kamil Ingin 30% Kendaraan di Jabar Pake Model Listrik

Rabu, 28/04/2021 13:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkunjung ke Pabrik Gesits PT WIKA Industri Manufaktur di Kawasan Industri WIKA (KIW) Cileungsi, Bogor, Jawa Barat pada Selasa (27/4/2021) kemarin. Tujuannya melihat proses produksi motor listrik asal Indonesia itu.

Dalam kunjungan tersebut, ia juga mengetes langsung motor Gesits dan mendapat pengalaman dengan skutik llistrik itu.

Ia menyebutkan guna mendukung produk inovatif dalam negeri seperti Gesits dalam kurun waktu 10 tahun, Jawa Barat akan memberlakukan aturan yang mewajibkan 30% penggunaan populasi kendaraan listrik.

Hal ini karena pertimbangan efisiensi yang tinggi dan juga dapat menghemat pengeluaran anggaran biaya BBM hingga satu per limanya. Selain itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga menyampaikan apresiasi atas keberhasilan PT. WIKA Industri Manufaktur mewujudkan kendaraan listrik karya anak bangsa.

Senada dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Direktur Utama PT WIKA Industri, Muhammad Samyarto juga optimis bahwa motor listrik Gesits menjadi salah satu solusi guna mendukung program pemerintah dalam mengurangi penggunaan dan ketergantungan terhadap energi fosil yang sebenarnya menyebabkan polusi udara.

Gesits siap mendukung kebijakan Pemerintah Jawa Barat untuk mengimplementasikan program renewable energy. GESITS terang Samyarto optimistis dapat bekerja sama dalam membangun infrastruktur, termasuk melakukan sosialisasi penggunaan motor listrik di Jawa Barat.

Dalam perjalanannya, Gesits telah mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Kementerian Perhubungan RI sehingga sudah layak untuk digunakan masyarakat umum dan dapat diterbitkan STNK/BPKB layaknya sepeda motor konvensional saat ini.

Lebih lanjut, dalam konteks mendekatkan motor listrik kebanggaan Indonesia ke seluruh penjuru tanah air, Saat ini Motor Listrik GESITS telah hadir dan dapat dipesan melalui E-Katalog, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Produk Motor Listrik GESITS ini telah menggunakan komponen Part dalam negeri sebesar 85% sehingga untuk ketersedian Spare Part cukup terjamin. Dan Untuk Nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 46,73%.

Mengombinasikan keamanan, performa dan efisiensi, motor ramah lingkungan ini memiliki biaya operasional yang cukup murah dan tanpa service rutin. Untuk pengechasan baterai cukup simple, dimana dapat dilakukan di colokan listrik biasa layaknya mengechas Hand Phone atau Laptop. Dan biaya listrik yang dibutuhkan hanya sebesar dua ribuan rupiah untuk menempuh jarak 50 Km.(Elk)

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing