F1 2021: Silverstone Sambut Format Sprint Race, Pemasukan Makin Banyak

Rabu, 28/04/2021 22:17 WIB

mobilinanews (Inggris) - FIA dan Manajemen F1 sudah tetapkan tiga kali uji coba sprint race tahun ini sebelum berlaku mulai musim 2022. Sirkuit Silverstone, Inggris, jadi penyelenggara perdana pada GP Inggris, 16-18 Juli 2021. Apa untungnya bagi pengelola sirkuit?

Di mata Direktur Pelaksana Sirkuit Silverstone Staurt Pringle, perubahan format kualifikasi itu akan lebih menghibur penonton di sirkuit. Sejak sesi Jumat hingga Minggu ada kompetisi yang layak jadi tontonan. Dengan begitu maka tiket masuk untuk Jumat dan Sabtu juga bisa meningkat. Artinya uang masuk sirkuit juga meningkat karena hanya dari tiket itulah pemasukan mereka.

"Ini upaya F1 dan FIA untuk meningkatkan aspek F1 sebagai ajang tontonan. Kami senang dengan upaya-upaya seperti itu. Dengan begitu para penonton kami akan selalu merindukan hajatan besar di setiap bulan Juli ini," kata Pringle.

Ia menyebut setiap kali Silverstone menggelar F1 maka tiket untuk raceday pada Minggu selalu ludes terjual (sebelum pandemi Covid-19 yang tanpa penonton). 

"Dengan perubahan ini maka penggemar pun bisa melihat sebuah balapan pada hari Sabtu. Begitu pun ajang kualifikasi pada Jumat," imbuhnya.

Pada Rabu (26/4) lalu FIA sudah menyetujui format kulaifikasi baru untuk dietrapkan mulai 2022. Uji coba perdana di Silverstone, selanjutnya di Sirkuit Monza Italia, dan satu yang terakhir akan dipilih sirkuit luar Eropa.

Dalam aturan main baru ini, sesi kualifikasi (Q1, Q2, dan Q3) yang biasanya berlangsung pada Sabtu kini pindah ke Jumat sore usai FP1. Hasilnya menentukan posisi start Sprint Qualifying pada Sabtu seusai FP2.  Di sini semua pembalap mengadu skill dan kecepatan berebut podium dengan bonus poin 3, 2 dan 1. 

Hasil dari sesi tersebut menjadi rujukan posisi start msing-masing driver pada race utama di hari Minggu dengan sistem poin sama seperti saat ini. Dengan sendirinya para finisher podium akan menempati posisi start 1, 2 dan 3 pada esok harinya.

Sprint Qualifying berlangsung hanya 100 km atau sekitar 20-an laps. Sesi inilah yang akan jadi daya tarik utama buat penonton pada hari Sabtu. Dan, seperti kata Pringle, itu layak ditonton karena pasti menghibur dan tentunya dengan harapan semakin banyak tiket terjual. (rnp)

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh