MotoGP 2021 Spanyol: 17 Pembalap Hanya Terpisah 1 Detik, Ada Apa Dengan Marc Marquez?

Jum'at, 30/04/2021 20:45 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Lagi, hasil balap di MotoGP sangat susah ditebak. FP1 GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (30-4-2021) jadi contoh terbaru. Bukan Yamaha, Honda atau Ducati yang tercepat tetapi KTM dan Aprilia. Lebih seru lagi, 17 pembalap hanya dipisahkan jarak waktu di bawah 1 detik.

Seperti di GP terdahulu, joki Aprilia Aleix Espargaro kembali jadi buah bibir. Ia dominan di sesi awal putaran ke-4 serial MotoGP musim 2021 ini. Bertahan cukup lama di peringkat teratas, seolah langsung temukan set up terbaik pada RS-GP besutannya sementara rider pabrikan lain masih mencari-cari setinga motornya.

Catatan waktu Aleix baru dipatahkan pada akhir sesi latihan. Juga mengejutkan karena yang melampauinya adalah Brad Binder, joki KTM. Lanjut ke FP2 dengan suhu lebih adem, ternyata RS-GP masih ngelawan. Masih 3 Besar di bawah Francesco Bagnaia (Ducati) dan Fabio Quartararo (Yamaha) . Di FP1 kedua pembalap muda ini menempati urutan tercepat 4 dan 5. 

Yang tergambar jelas saat iini adalah betapa ketatnya kini catatan waktu antar pabrikan. Di FP1 antara KTM di puncak dengan Ducati di urutan 17 hanya terpisah 0,8 detik. Di antara mereka ada Aprilia, Honda, Yamaha, Suzuki dan beberapa tim satelit.

Artinya akan semakin banyak dan sengit persaingan menuju sesi kualifikasi nantinya. Sebab, di antara pembalap banyak yang hanya terpaut nol koma nol sekian detik alias sangat rapat.

Di FP 2 kesan itu masih terasa karena 14 pembalap terpaut di bawah 1 detik. 

Tak pelak lagi penampilan Marc Marquez adalah salah satu yang banyak dinanti di Jerez. Di FP1 ia finish 3 Besar, sama dengan penampilan perdananya di Portimao lalu setelah absen 9 bulan. 

Sayangnya, semakin lama di atas motor kekuatan tangannya semakin lemah meski finish P7 pada raceday.

Kini masalah sama jadi pertanyaan, karena mendadak Marquez hanya sanggup finish ke-16 di FP2. Turun drastis 13 posisi dari sebelumnya. Catatan waktunya juga terbilang `aneh` karena umumnya pembalap menigkatkan waktu tempuh di FP2 karena berlangsung dalam suhu udara yang lebih sejuk.

Tak demikian dengan Marquez. Ia hanya pertajam waktu 0,004 detik dari catatan waktu di FP1. Dari 1:38,291 menjadi 1:38,295 detik. 

Belum ada penjelasan mengapa juara dunia MotoGP 6 kali itu terpuruk sedrastis itu. Apakah soal kekuatan tangan kananya lagi? Yang jelas posisi Marquez terancam tak lolos otomatis ke Q2. Ia harus beruang lagi sejak Q1 seperti di Portugal dua pekan lalu. (rnp)

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh