F1 2021 Portugal : Bottas Gagalkan Pole Ke-100 Hamilton, Verstappen Korban Track Limits

Minggu, 02/05/2021 00:10 WIB

mobilinanews (Portugal) - Ambisi Lewis Hamilton (Mercedes) mencetak rekor pole position ke-100 kalinya gagal di sesi kualifikasi GP Portugal, Portimao, Sabtu (1-5-2021). Gagal hanya karena marjin waktu yang sangat amat tipis, cuma 0,007 detik atau seperseribu detik. 

Yang menggagalkan adalah rekan setimnya di Mercedes, Valtteri Bottas, yang meraih pole ke-17-nya selama main di F1. Ia adalah pembalap ketiga dari tiga race 2021 yang sukses jadi pole sitter setelah Hamilton dan Max Verstappen (Red Bull Honda).

Start bareng dari front row di raceday Minggu (2-5-2021) mestinya akan menjadikan duel awal yang sengit antara kedua driver Mercedes itu. Seperti janjinya sejak awal musim, Bottas akan menolak team order untuk mendahulukan Hamilton seperti sebelumnya.

Akan menarik jika ia pegang kata-katanya. Yang pasti, Bottas butuh poin maksimal di seri ini karena dua race terdahulu dilakoni dengan hasil buruk.

"Senang sekali rasanya mendapat pole lagi. Itu sudah sangat lama tak terjadi. Kualifikasi menjadi titik lemah saya dalam dua balapan sebelumnya. Posisi ini menempatkan saya dalam situasi yang baik dalam balapan besok," kata Bottas.

Pole ini sekaligus mengangkat kembali namanya ke permukaan setelah tenggelam sejak awal musim, berikut bertubi kritik yang ia terima.

Meski gagal mencetak rekor 100 pole, Hamilton tak kecewa. Masih banyak kesempatan utnuk itu karena musim ini masih ada 20 race di depan. Ia juga tak kecewa dengan mobilnya karena hanya kalah sangat tipis dari rekannya.

Ia justru senang karena bisa menikmati serunya balapan seperti di dua race sebelumnya, termasuk kemungkinan duel dengan Bottas kali ini.

Daya tarik lain adalah dua punggawa Red Bull Honda, Max Verstappen dan Sergio Perez, yang akan start dari row kedua. Verstappen akan start persis dari belakang Bottas.

Formasi seperti di GP Imola lalu saat Verstappen berada di belakang Hamilton dan sejurus kemudian menyerang juara dunia bertahan itu dari sisi kiri.

Entahlah strategi apa yang esok bisa dimainkan Verstappen dan Perez untuk secepatnya memisah kekuatan joki Mercedes. Yang pasti Perez on fire dxari P4.

Lain dengan Verstappen. Ia lebih banyak berdiam diri. Mukanya kusut tanda kecewa. Pasalnya, best lap-nya pada run pertama dianulir pimpinan lomba karena tertangkap melanggar track limit di T4. 

Itu tak mempengaruhi mental tarungnya di run ke-2. Sayang, pada saay itu angin kencang berhembus masuk Sirkuit Portimao. Akibatnya semua pembalap gagal mempercepat waktu tempuh per lap-nya, termasuk Bottas dan Hamilton. 

Esok dalam balapan utama entah siapa lagi yang akan jadi kprban track limit yang ada 4 di Portimao. Yakini T1, 4, 14 yang baru disahkan jelang kualifikasi, dan tikungan terakhir T15. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda