Potensi Penjualan Mobil (Baru & Bekas) Bisa Capai Angka 3,2 Juta Unit

Kamis, 05/11/2015 16:31 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Terpuruknya pasar otomotif nasional di tahun 2015 membuat hampir seluruh bagian industri yang bermain di sektor otomotif meradang. Efek domino merambat dari sisi hulu ke hilir.

Namun dijelaskan oleh Steven Sugianto, Chief Executive Officer mobilwow.com, kondisi ini hanya berlangsung sementara saja. Menurutnya pasar masih optimis bahkan masih punya potensi besar di waktu mendatang.

"Saya malah melihat potensi penjualan mobil di Indonesia bisa mencapai 3,2 juta unit per tahun untuk segmen penjualan mobil bekas dan baru," jelasnya di acara media gathering MobilWow.com di SCBD, Kamis (5/11).

Angka tersebut berasal dari rata-rata penjualan mobil baru di Indonesia sejak tahun 2006 sampai 2013 yang mencapai angka 900.000 unit.

"Nah, rasio penjualan antara mobil baru dan mobil bekas itu sekitar 2,5x lebih besar dari mobil baru. Jadi kalau di rata-rata setiap tahun itu 900.000 mobil baru keluar, maka penjualan mobil bekasnya bisa mencapai angka 2,3 juta unit. Maka total penjualan khusus untuk passenger car mencapai 3,2 juta unit," tambah Steven.

Lesunya pasar tahun ini juga diakuinya sebagai satu masalah yang memang tidak bisa dihindari. Namun sinyal positif ke arah perbaikan sudah kelihatan. Sinyal yang dimaksud seperti penguatan rupiah terhadap dollar dan adanya kebijakan OJK untuk menurunkan jumlah uang muka kredit saat ini.

"Bahkan kalau dilihat sekarang, APM masih gencar merilis model-model kendaraan terbarunya sebagai bentuk kepercayaan industri otomotif terhadap pasar nasional," pungkasnya.

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok