F1 2021: Hadapi Max Verstappen, Lewis Hamilton Yakin Dengan Pengalamannya

Kamis, 06/05/2021 23:43 WIB

mobilinanews (Inggris) - Juara dunia bertahan F1 Lewis Hamilton memuji penampilan Max Verstappen dan Red Bull di awal musim 2021.

Ia yakin duel keras masih akan berlanjut. Sedemikian ketat, katanya, hingga bonus point dari fastest lap bisa jadi penentu peraihan gelar tahun ini.

Hamilton memasuki GP Spanyol di Barcelona akhir pekan ini hanya dengan keunggulan 8 poin dari tiga race awal. Mereka sudah saling mengalahkan dengan skor 2-1 untuk Hamilton.

Ini adalah kali pertama Verstappen bisa bersaing sedekat itu dengan Hamilton sejak main di kancah F1.

"Anda sekarang sudah bisa melihat pertempuran ketat di antara kami. Anda melihat Max balapan sangat baik. Ia punya mobil pemenang. Ia akan sukses dengan pekerjaannya jika kami di Mercedes tidak bekerja dengan lebih baik lagi," kata Hamilton yang mengakui W12 besutannya memang masih punya plus dan minus dibandingkan W11 tahun lalu, dan itu tampak sejak winter test di awal musim.

Kesengsaraan Mercedes di winter test diakui Hamilton kini sudah bisa dipulihkan tim teknisnya. Itu yang membuatnya mampu tampil lebih baik di seri Portugal lalu.

Dalam balapan pertama di Bahrain jelas mobilnya defisit dibandingkan mobil Verstappen. Hamilton bisa menang salah satunya karena sedikit kesalahan yang dibuat rivalnya.

"Jelas kami tak bisa mengandalkan kesalahan orang lain untuk menang. Kami harus tetap menundukkan kepala dan bekerja keras. Kami memiliki paket mobil yang bagus, tapi juga punya kelemahan yang masih harus tetap dibenahi," ungkap Hamilton.

Juara dunia 7 kali itu mengaku masih tetap berusaha meningkatkan standarnya dalam balapan. Ia selalu berusaha menghindari kesalahan, tetapi tetap saja kesalahan itu bisa datang sewaktu-waktu. 

"Tetapi saya berterima kasih karena kesalahan itu justru membuat Anda lebih kuat jika mau belajar dari kesalahan tersebut," paparnya.

Dengan motivasi dan potensi mobil yang dimiliki Verstappen saat ini, Hamilton yakin dan justru berharap persaingankeras dan panjang akan terjdi sepanjang musim 2021. Dengan kekuatan pacuan yang setara, maka faktor pengalaman akan jadi penentu di berbagai momen nantinya.

"Pengalaman itu yang membantu kami melakukan pendekatan di setiap seri balapan. Pengalaman pula yang membuat kami bangkit dari ketertinggalan di winter test dan race awal," lanjutnya.

Dan, ia yakini pengalaman itu pula yang pada saat-saat tertentu nantinya jadi kelebihan melawan kekuatan Red Bull dan Verstappen. Itu sudah diperlihatkan Hamilton di GP Portugal.

Dengan pengalamannya, ia mampu memenej ban mobilnya dengan baik dan akhirnya mampu menyalip Verstappen dan Valtteri Bottas dengan cara yang sangat bersih.

Di Barcelona akhir pekan ini bisa jadi Hamilton harus lebih banyak lagi mengerahkan pengalamannya karena Verstappen dan RB16B diprediksi bakal kuat di trek itu. 

Terakhir prediksi cuaca yang menyebut potensi hujan pada raceday Minggu (9 Mei 2021) nanti. Pasti semakin seru duel yang terjadi jika dimainkan dalam kondisi wet race.

Dalam hal ini pastinya Hamilton juga lebih berpengalaman main hujan dibandingkan Verstappen. (rnp)

 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh