Kakorlantas Polri : Jumlah Pemudik Turun Drastis Karena Efektifitas Penyekatan!

Sabtu, 15/05/2021 12:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Jumlah pemudik Lebaran tahun ini menurun drastis karena penyekatan yang dlakukan efektif dalam Operasi Ketupat 2021. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlanras) Polri Irjen Pol Istiono menyampaikan hal itu di Jakarta, Jumat (14/5/2021).

"Analisis dan evaluasi selama 8 hari Operasi Ketupat 2021, volume arus mudik kemarin turun yang menuju Jawa lebih kurang 74 persen, yang menuju Jawa Barat turun 90 persen, menuju Merak turun 45 persen," kata Irjen Pol Istiono.

Kakorlantas mengatakan data analisis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sempat memperkirakan 23 juta orang akan mudik. Namun, dari data terakhir yang diterimanya dari Kemenhub sekitar 1,5 juta orang yang keluar wilayah Jabodetabek.

Irjen Istiono mengungkapkan, efektivitas sosialisasi peniadaan mudik pada saat operasi keselamatan, 24 April sampai 5 Mei. Selain itu, penyekatan di 381 titik juga dinilai sebagai upaya pencegahan yang berjalan maksimal.

"Ini artinya kesadaran masyarakat sudah bagus dan langkah-langkah tindakan untuk melakukan pencegahan, baik melalui sosialisasi maupun langkah penyekatan di lapangan, sangat efektif dilakukan," ujar Irjen Istiono.

Dia juga mengungkap jumlah kendaraan yang diputar balik selama peniadaan mudik sebanyak 600 ribu kendaraan diputar balik karena terindikasi mudik, sementara 600 travel gelap ditindak tegas.

"Selama 8 hari yang diputarbalikan 600 ribu kendaraan. Travel gelap yang ditindak tegas ada 600 kendaraan. Ini konkrit dan berkat kedisiplinan anggota Polri dan TNI yang ditugaskan di titik-titik penyekatan,” kata Istiono.

Diketahui Korlantas Polri menyiapkan 381 titik penyekatan di seluruh Indonesia untuk mendukung kebijakan peniadaan mudik pada 6—17 Mei 2021. Kini, Korlantas Polri fokus pada pengamanan arus balik Lebaran 2021. (tempo, wan)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag