Daffa AB : Saya Ingin Sukses di Balap Digital Maupun Balap Gokart!

Sabtu, 15/05/2021 13:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Bagi Daffa Ardiansa atau yang lebih populer dengan Daffa AB yang baru saja memastikan meraih juara nasional Kejurnas Indonesia Digital Motorsport Championship (IDMC) 2020 memperebutkan Piala Ketua MPR-RI, bahwa balap digital dan balap gokart harus sama-sama jalan.

"Iya, saya maunya digital motorsport jalan dan juga gokart juga berprestasi," ujar Daffa AB sesaat setelah dinyatakan menyabet juara nasional kelas Seeded A Kejurnas IDMC baru-baru ini.  

Daffa AB telah memastikan juara nasional IDMC pada putaran 5 di sirkuit virtual Suzuka Jepang pada 2 Mei 2021 lalu. 

Sim Racer andalan tim JMX Phantom ini mengunci gelar juara meski masih menyisakan 1 putaran karena perolehan poin yang telah dikumpulkan tak mungkin bisa dikejar pembalap lain.

Termasuk Andika Rama Maulana, master sim racing Indonesia dan sebagai juara bertahan. Rama sendiri mengakui Daffa sekarang sangat cepat. Tercatat dari 5 putaran tersebut, Rama sekali menang sedang Daffa 4 kali juara.

"Saya akui, Daffa lebih cepat. Dan, ini merupakan progress serta improve yang sangat cepat untuk seorang yang baru setahun terjun serius di ajang sim racing," aku Rama.

Beberapa faktor Daffa cepat berkembang pesat di ajang balap digital selain memiliki bakat, rajin berlatih dan kemauan yang besar untuk maju. "Daffa sudah bisa setting kendaraan sendiri, terutama disesuaikan dengan karakter sirkuit," terang Rama.

Satu hal lagi, yakni karena support tim dan juga dukungan kuat dari keluarga.

Menarik mencermati remaja kelahiran Makassar, 11 Juli 2007 ini. Keinginannya yang besar untuk maju dan menjadi juara itu sempat ditunjukkan ketika dalam sehari harus mengikuti 2 balapan sekaligus : Kejurnas Gokart dan Kejurnas IDMC, 11 April lalu. 

Daffa AB terpaksa memboyong perangkat Simulatornya ke hotel Lorin Sentul Bogor, karena tenggat waktu kejurnas gokart round 3 dan kejurnas IDMC putaran 3 hanya jeda sekitar 2 jam. 

Daffa memboyong simulator ke hotel Lorin Sentul itu menjadi viral. Dan hebatnya, di kedua event tersebut putra bungsu Irjen Pol (P) Anang Boedihardjo tersebut mencetak sejarah dengan menjadi juara 1 gokart dan juara 1 IDMC.

Di IDMC, Daffa start dari posisi kelima namun kemudian bisa memenangi putaran tersebut. Jelang balapan, ia yang dibantu sang ayah menyiapkan perangkat Simulator sendiri, sempat mengalami kendala kesusahan masuk ke server game.

Lalu, apa obsesi Daffa AB?

"Bisa sukses di balap digital dan balap di gokart. Insyaallah," ungkap siswa kelas 8 Al-Wildan Islamic School International 4 Lebak Bulus Jakarta Selatan itu dengan tersenyum optimis. (wan)

TERKINI
PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka PEVS 2024: Keeway EV Hadirkan 5 Model Terbaru dengan Subsidi Besar, Awas Jangan Sampai Lolos Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat GAC Aion V Generasi ke-2 Siap Tampil di Indonesia, Terlihat Macho dan Semakin Canggih