Punya Tim Sendiri, Posisi Valentino Rossi Malah Jadi Rumit

Selasa, 18/05/2021 22:15 WIB

mobilinanews (Italia) - Tahun depan Valentino Rossi punya tim sendiri di MotoGP dengan dukungan dana dari Aramco, perusahaan minyak Malaysia. Dari sisi sposnor ini saja rasanya tak mungkin The Doctor bertahan dalam timnya saat ini, tim satelit Petronas Yamaha Srt.

Kontrak The Doctor dengan tim dukungan perusahaan minyak Malaysia itu memang hanya setahun untuk musim 2021 ini meski ada opsi perpanjangan tahun kedua. Tapi, sepertinya sangat tak mungkin buatnya untuk menggunakan dua sponsor yang bersaing pada tahun depan. Di satu sisi sebagai mitra Aramco, dan sisi lain jadi rider tim Petronas. Maklum, kedua raksasa minyak itu tengah bersaing lewat jalur MotoGP.

Dari sini bisa diprediksi kalau opsi yang ada buatnya hanyalah dua: pensiun atau jadi pembalap timnya sendiri. Yang mana pilihannya tergantung apakah Rossi masih ingin balapan atau tidak. Itu saja. Jika ingin balapan mak ada kesempatan untuknya bersanding dengan adiknya sendiri, Luca Marini, dalam satu tim milik mereka sendiri. 

Jika itu pilihan Rossi maka kesempatan dua pembalap muda Italia hilang begitu saja. Pertama adalah Enea Bastianini yang saat ini team mate Marini di Avintia Ducati. Bastianini bukan pembalap binaan VR46 tapi rekrutan langsung oleh Ducati. Ini akan jadi masalah pelik yang harus dibicarakan secepatnya. 

Pembalap muda lain yang hilang kesempatan adalah adik didik kesayangan Rossi sendiri, Marco Bezzecchi, yang saat ini bertarung berebut gelar di Moto2. Tahun lalu Bezzecchi sudah diminta Ducati naik ke MotoGP. Tapi Manajemen VR46 yang tentunya dengan seizin Rossi memutuskannya tinggal setahun lagi di Moto2 dengan lebih dulu mempromosikan Marini ke Moto2.

Saat pengumuman masuknya Aramco ke MotoGP lewat VR46 Racing Team dua bulan lalu, Rossi sempat mengatakan kalau ia tak lagi di Petronas Yamaha Srt maka ada peluang baginya untuk m,enjadi pembalap tim sendiri. Tapi, itu ia ucapkan dengan nada bercanda.

"Tapi, tidak? Saya hanya akan jadi bos tim," katanya, kali ini entah bercanda atau tidak.

Mana yang akan dipilih Rossi, itulah yang tengah digodoknya bersama orang-orang dekatnya sebelum membuat pengumuman resmi pada sekitar Juli mendatang. Pilihan paling mudah ya pensiun, daripada bersaing dengan adik sendiri dalam satu tim? Menang atau kalah sama-sama tak enak pastinya! (rnp)

TERKINI
PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang dengan Penjualan 108 SPK, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia