WRC 2021 Portugal: Ujian Berat Buat Toyota, Start Pertama di Trek Gravel

Rabu, 19/05/2021 22:53 WIB

mobilinanews (Portugal) - Trek kotor di Rally Portugal pada 20-23 Mei 2021 akhir pekan ini jadi tantangan tersendiri buat tim Toyota Gazoo Racing, Khususnya buat Sebastien Ogier (Prancis) sebagai pemimpin klasemen.

Putaran ke-4 serial WRC 2021 ini adalah lintasan gravel pertama yang akan dihadapi peserta setelah sebelumnya bergleut di lintasan aspal dan salju.

Sesuai ketentuan, Ogier yang jadi pemenang Rally Kroasia lalu akan start di urutan pertama alias pembuka jalan. Dalam kaca mata tim Toyota ini bisa jadi hambatan tersendiri.

"Permukaan lintasan masih penuh dengan pasir dan kerikil. Ini akan membuat sangat licin bagi mobil yang melintas perdana. Ini tantangan serius buat Seb," kata Jari-Matti Latvala, mantan pereli ERC yang kini jadi Team Principal Toyota Gazoo Racing menggantikan Tommi Makinen.

Kondisi itu membuat ia timnya harus merancang strategi sejak dini. Dan, itu bukan hal mudah karena sejauh ini belum ada lomba di atas trek gravel yang bisa jadi referensi buat Yaris WRC besutan ogier, Elfyn Evans dan Kalle Rovanpera.

Ogier sendiri yang dalam line up pereli 2021 menjadi peserta paling senior dan berpengalaman sebagai juara dunia 7 kali, mengakui kondisi tersebut bakal jadi kendala tersendiri.

Ia hanya berharap akan turun hujan untuk meredam kendala itu meski perkiraan cauaca saat lomba nanti disebut kering kerontang.

"Saya tahu sulitnya jadi peserta pertama di lintasan gravel. Tapi, Portugal adalah negeri dimana hujan bisa datang sepanjang tahun dn itulah yang Anda harapkan," ujar Ogier yang memimpin klasemen sementara dengan total poin  61, diikuiti pereli tim Hyundai Thierry Neuville dengan nilai 51.

Seperti tiga seri sebelumnya, musuh utama Toyota di Prtugal adalah Hyundai. Pabrikan Korea itu turun dengan line up lengkap. Selan Neuville dan Ott Tanak, Dani Sordo dan pereli muda Oliver Solberg akan turun gelanggang.

Tanak (juara dunia WRC 2019) menjadikan seriPortigal sebagai titik awal kebangkitan karena saat ini berada di urutan 4 klasemen dengan poin total 40. Terpaut 11 angka dengan Evans (51) di urutan 3 dan 21 poin dari Ogier di puncak klasemen.

"hanya satu tujuan saya di sini, bangkit kembali setelah akhir pekan yang rumit di Rally Kroasia lalu," kata pereli Estonia itu yang memenangi Rally Portugal 2019 di atas Toyota sebelum pindah ke Hyndai pada 2020.

Satu hal yang disambut positif pereli adalah kebijakan otoritas kesehatan Portugal yang membolehkan kehadiran penonton di lokasi special stage (SS) dengan catatan jalankan prokes.

Rally Portugal memang salah satu seri yang digemari penonton yang membludak, khususnya di rute spesial Fafe  yang memungkinkan peserta membawa `terbang` mobilnya dengan lompatan spektakular. (rnp)

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh