AC Mobil Panas dan Tidak Nyaman, Perhatikan Komponen Ini

Kamis, 20/05/2021 12:45 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Air conditioner (AC) merupakan salah satu komponen yang memberikan kenyamanan pada mobil. Meskipun demikian, AC terkadang mengalami trouble sehingga udara yang dihasilkan tidak sejuk dan nyaman, tetapi justru kurang dingin

Jika hal ini terjadi artinya ada yang salah dengan kondisi AC mobil yang harus Anda periksa, karena ada bagian dari AC yang tidak bekerja secara optimal saat difungsikan. Lalu apa saja yang menjadi indikasi AC mengalami masalah?

1. Freon AC Mobil Habis atau Kurang

Salah satu penyebab yang paling sering memicu AC tidak dingin adalah freon yang habis atau kurang. Freon tidak akan habis kalau tidak ada kebocoran pada sistemnya. Penyebab bocornya bisa beragam, bisa karena beberapa komponen karet yang getas karena sudah lama atau ada yang tidak beres pada valve kompresornya.

Kalau ada yang tidak beres di freonnya, walaupun AC-nya hidup dia tidak akan mengeluarkan udara yang dingin alias tidak dapat bekerja dengan baik, karena itu harus dicek dan diganti.

2. Filter AC Mobil Tersumbat

Filter atau saringan AC memiliki fungsi untuk menyaring segala debu-debu dan kotoran yang ada di udara. Filter yang dipenuhi debu atau kotoran-kotoran lain akan menyumbat alirannya. Kalau sudah tersumbat, bisa dipastikan sirkulasi udara yang dihasilkan tidak akan bekerja secara optimal.

3. Motor Extra Fan pada AC Mobil Mati atau Lemah

Motor extra fan yang bermasalah maka akan membuat proses kondensasi yang ada di dalam kondensor tidak bisa berfungsi secara optimal, yang menimbulkan tidak ada udara dingin yang masuk ke dalam kabin.

Jika putarannya lemah atau mati, akan membuat hembusan angin yang dihasilkan sangat kecil sehingga tidak memberikan udara bersih yang cukup. Bila komponen ini rusak maka harus diganti dengan fan yang baru

4. Evaporator pada AC Mobil Kotor


Musuh terbesar dari evaporator adalah debu, karena juka evap tersumbat maka AC akan terganggu. Jadi debu atau kotoran yang ada di evaporator adalah debu-debu yang tidak bisa tersaring oleh filter. Karena itu perlu pembersihan pada Evaporator.

5. Kondensor pada AC Mobil Kotor

Part ini terletak di bagian depan dekat dengan radiator. Tanpa disadari, posisinya kerap kali mengundang segala kotoran yang mungkin bisa saja hinggap pada saat kita sedang berkendara. Jika Kondensor AC tertutup kotoran atau lumpur maka kinerja AC tidak akan optimal karena fungsinya adalah pembuang panas dari AC. (elk)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap