WRC 2021 Portugal: Hyundai Berduka, Toyota Ambil Alih Kepemimpinan

Minggu, 23/05/2021 03:29 WIB

mobilinanews (Portugal) - Unggul telak 22,4 detik, tapi saat itulah pereli unggulan Hyundai Ott Tanak harus keluar ajang lomba Rally Portugal 2021 pada Sabtu (22-5-2021). Benar-benar dramatis.

Keunggulan pada JUmat diperkuat Tanak dengan memenangi 4 dari 5 Special Stage (SS) pada Sabtu. Kemenangan di SS13 menjadi sukses ke-250-nya memenangi SS di kancah WRC. Ini sekaligus membuat keunggulannya semakin paten dengan gap 22,4 detik atas musuh terdekat berebut gelr juara, Elfyn Evasn (Toyota). 

Sial, dan benar-benar sial. Baru separoh jalan masuk SS14 berjarak 38 km, terpanjang di Rally Portugal, suspensi roda kanan belakang Hyundai i20 Coupe WRC-nya jebol. Pereli Estonia itu coba berjuang hanya sekaddar mencapai garis finish. Sial kembali datang, roda belakang itu justru tambah parah dan akhirnya copot hanya 4 km jelang finish. Ia terhenti. Gagal mengikuti SS15 yang merupakan lintasan terakhir pada Sabtu.

Belum diketahui apakah Tanak akan masuk kembali pada SS16 hingga 20 paa hari terakhir Minggu (23/5) meski hanya untuk berebut bonus poin di power stage. 

Sebelumnya, pereli regular Hyundai lainnya, Thierry Neuville, sudah retire. Kini Hyundai menyisakan pereli nonregular Dani Sordo dalam kejuaraan. Pada hasil sementara, Sordo berada di urutan kedua dengan selisih 10,7 detik dari Evans setelah sukses menjadi tercepat di SS15. Ini SS ke-4 dari 15 SS Portugal yang dimenangi Sordo. Tujuh lainnya milik Tanak. Sementara Toyota meraih 5 sisanya melalu Evan (3), juara dunia bertahan Sebastien Ogier (1) dan Kalle Rovanpera (1) yang akhirnya juga out dari lomba akibat kerusakan mobil.

Ogier sendiri berada di urutan 3 kejuaraan sementara. Sepanjang hari pereli senior itu justru sibuk mempertahankan diri dari pereli binaan Toyota, Takamoto Katsuta. Dalam sisa lomba besok, posisi Ogier masih rawan karena gap dengan Katsuta hanya 01,5 detik. 

Pertarungan sengit sepeetinya akan terjadi antara sesama joki Yaris. Selain Ogier vs Katsuta, pertempuran Ogier vs Evans dalam klasemen sementara juga panas. Jika komposisi 3 Besar hari bertahan hingga final maka poin total keduanya akan sama di akhir lomba, yakni sama-sama 76. Siapa yang jadi pemimpin klasemen sementara akan ditentukan oleh bonus poin di SS terakhir. Begitu pula jika Ogier bisa kembali ditekuk Katsuta dan finish P4 maka Evans yang jadi pemimpin baru.

"Masih banyak yang bisa terjadi pada hari terakhir. Tak ada cara lain bagi saya selain fokus sepanjang balapan," tutur Evans yang diproyeksikan sebagai pereli utama Toyota musim depan. (rnp)

 

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing