F1 2021 Monaco: Lengserkan Hamilton, Verstappen dan Red Bull Honda Penguasa Baru Klasemen

Minggu, 23/05/2021 22:16 WIB

mobilinanews (Monaco) - Gemuruh luar biasa di paddock Red Bull Honda, usai Max Verstappen memastikan juara GP Monaco, Minggu (23-5-2021). Tiga hasil prestisius disambar sekaligus.

Selama ini Veratappen tak pernah naik podium di Monaco. Hari ini ia menjadi juara, meraih dua kemenangan musim ini, sekaligus menggusur Hamilton di klasemen sementara. Satu prestasi yang juga baru kali ini dirasakan pembalap Belanda itu, menjadi pemimpin klasemen F1. Catatan yang tak pernah dicapai ayahnya yang eks driver F1, Jos Verstappen. Juga tak pernah diraih pembalap Belanda lainnya.

Tak hanya itu, Red Bull Honda juga mengambil alihbtakhta Mercedes di pucuk pimpinan kekuaraan konstruktor.

"Ini kemenangan yang sangat istimewa. Balapan yang panjang. Saya benar-bensr fokus jaga kondisi ban," kata Verstappen yang start dari pole (gantikan Charles Leclerc/Ferrari) dan terus terdepan hingga bendera finish dikibarkan petenis top AS Serena Williams.

Kebahagiaan sama diraih Carlos Sainz (Ferrari) dan Lando Norris (McLaren) yang mendampingi Verstappen menerima trofi di podium. Ini juga kali pertama mereka podium di Monaco, kesempatan yang ditunggu semua pembalap F1. Bagi Sainz, ini podium perdana di Ferrari.

Tim elit Mercedes benar-benar terpuruk kali ini di Monaco. Start dari urutan 7, juara dunia bertahan Lewis Hamilton hanya sanggup finish di posisi sama. Untung dapat bonus 1 poin dari fastest lap sehingga ia pulang bawa 7 poin. Dan, itu tak cukup mempertahankan posisinya di klasemen sementara. Ia lengser untuk kali pertama karena dikalahkan Verstappen dengan nilai poin 105 versus 101.

Penderitaan Mercedes semakin lengkap karena Valtteri Bottas terganjal masalah teknis sehingga keluar dari lomba. Lebih pahit lagi, posisi Bottas di urutan 3 klasemen pembalap juga digusur Norris, dengan poin 56 dan 47.

Hanya bawa 7 angka membuat Mercedes juga kehilangan posisi teratas klasemen kejuaraan konstruktor. Disalip Red Bull Honda dengan poin 149 melawan 148.

Seri lanjutan F1 2021 berlangsung 6 Juni mendatang di Baku, Azerbaijan. Akankah Veratappen bertahan di atas? (rnp)

 

 

TERKINI
Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060 PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka Ternyata Honda FL5 dan Hyundai N TCR Diangkut Pesawat ke Sepang, Oleh Bee Logistics Transworld Perusahaan Milik Perally H. Andy Surya Santosa