MotoGP 2021: Tanda-Tanda Bagnaia, The Bologna Bullets Semakin Kejam

Jum'at, 28/05/2021 23:54 WIB

mobilinaews (Italia) - Julukan The Bologna Bullets memang layak disandang Desmosedici. Kecepatan Ducati di trek lurus Mugello sejauh 1.141 meter itu sulit dibendung motor lain. 

Kecepatan Ducati bak lesatan sebuah peluru itu dipertunjukkan oleh tester tim Italia itu, Michele Pirro, yang tampil lewat jalur wild card. Ia menorehkan top speed terbaik pada sesi FP2 GP Italia 2021 pada Jumat (28-5-2021) dengan catatan 357,6 km per jam.

Itu tanda awal kalau di sesi selanjutnya, kualifikasi maupun race, rival mereka harus mencari keunggulan di luar trek lurus itu.

Fabio Quartararo (Yamaha) sebagai penguasa klasemen sementara semakin sadar di mana M1-nya harus mencari kekuatan karena akan mudah ditekuk para pembesut Ducati saat masuk jalur lurus itu. Ia sendiri hanya mentok pada kecepatan maksimal 349,5 kpj. Hampir 8 km/jam, naik dari sebelumnya yang kisaran 6-7 kpj. Semakin kejam. 

Pada sesi ini pembalap tuan rumah Francesco `Pecco` Bagnaia tampil tercepat dengan best time 1:46,147. Terpaut 0,225 detik dengan Quartararo di urutan ke-4. Top  speed Pecco di atas Desmosedi memang hanya 354,0 kpj.

Tapi, riding style Pecco di dalam tikungan juga layak mendapat perhatian khusus. Di antara pembesut Ducati, ia yang paling mampu rebah dengan level kemiringan setara dengan para joki Honda dan Yamaha. Itu tanda Pecco tak hanya bisa unggul di trek lurus, tetapi juga di tikungan.

Meski masih terlalu dini, ini juga tanda awal ancaman Bagnaia akan mampu mengkudeta Quartararo yang hanya selisih satu poin di klasemen sementara. Di sisi lain, jagoan Ducati lainnya - Jack Miller- finish di urutan 9 pada sesi latihan kedua ini.

Semakin diunggulkan untuk pole sitter maupun juara nantinya, Pecco tetap seperti pendiriannya sejak awal. Tak ingin fokus menjadi juara meski akan sangat bahagia jika bisa meraih juara kali pertama di MotoGP justru di kandang sendiri.

"Ini awal yang sempurna pekan ini. Saya tak membidik gelar juara, hanya ingin melanjutkan tren positif ini. Masih ada beberapa tahap sebelum race, kita lihat bagaiman selanjutnya," katanya.

Sabtu (29/5/2021) esok berlangsung sesi FP3 dan 4 plus kualifikasi. Masihkan tanda positif buat pecco? (rnp)

 

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen