8 Unit Desmosedici di Grid MotoGP 2022, Termasuk Tim Valentino Rossi

Senin, 31/05/2021 17:06 WIB

mobilinanews (Italia) - Dari 20 tahun ini, grid MotoGP akan tambah jadi 22 pada musim 2022. Sebanyak 8 unit di antaranya adalah Ducati. Ke mana saja distribusi DesmosediciGP?

Dua unit sudah pasti milik tim pabrikan Ducati yang akan dibesut Jack Miller dan Franceso Bagnaia. Dua lainnya juga sudah pasti milik tim Pramac dengan joki  Johann Zarco dan Jorge Martin. Di sela-sela GP Italia kemarin di Mugello, Ducati dan Pramac sudah teken perpanjangan kontrak hingga musim 2024.

Empat unit lainnya sepertinya hanya tinggal pengumuman resmi untuk dipakai tim Gresini (pisah dari Aprilia) dan tim baru VR46 Racing milik Valentino Rossi.

Ducati sudah mengkonfirmasi akan meluncurkan 8 motor pada musim depan, tanpa menyebut tim baru Gresini dan VR46. Dipetik dari motorsport.com, kesepakatan dengan dua pihak itu sudh hampir rampung. Tinggal pembahasan detailnya dan pengumuman resmi akan segera menyusul.

Poin paling utama yang harus diputuskan dalam detail terakhir itu adalah spesifikasi Desmosedici yang akan digunakan tim VR46 dan Gresini. Pramac sendiri sudah gunakan spek pabrikan.

Apakah kedua tim itu jugamau pakai spek pabrikan (terbaru) atau setahun lebih tua seperti tahun ini digunakan tim Avintia Ducati? Ini bukan tergantung kesepakatan, tepai ditentukan oleh seberapa besar investasi (duit) yang disiapkan kedua tim.

Dengan demikian pada 2022 Ducati masih jadi motor terbanyak di starting grid MotoGP dengan 8 motor. Honda tetap 4 (pabrikan dan satelit LCR), Yamaha 4 (pabrikan dan satelit}, KTM 4 (pabrikan dan satelit), sementara Suzuki dan Aprilia hanya akan turun dengan tim pabrikan.

Ducati sendiri tak akan kewalahan mengurus 8 Desmosedici yang siap tarung pada 2022. Sebab, ini bukan kali pertama buat tim Italia itu. Pada musim 2016-2018, selain dua motor pabrikan, Ducati juga pemasok mesin buat tim Pramac, Avintia dan Aspar.

"Kami sudah melakukan hal itu sebelumnya, memasok 8 motor," kata Manajer Tim Ducati Davide Tardozzi, sekaligus sebagai konfirmasi bahwa tahun depan memang akan ada 8 Desmosedici dalam daftar entry list. (rnp)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh