Wow! Tingkatkan Serangan ke Mercedes, Honda Kirim Mesin Baru!

Rabu, 09/06/2021 08:01 WIB

mobilinanews (Inggris) - Dalam 6 race awal musim kompetisi F1 2021, tim Mercedes dan Red Bull sudah berbagi kemenangan 3 - 3.

Untuk kali pertama pembalap Red Bull Max Verstappen memimpin klasemen sementara. Di konstruktor, Honda juga leading. Tapi, Honda sepertinya belum puas dengan serangannya.

Ya, ambisi Honda menjadi juara tahun ini masih terjaga dan menyala-nyala. Meski sudah terbukti RB16B kuat di tangan Verstappen maupun Sergio Perez, Honda masih ingin kedua joki Red Bull Honda itu punya mesin yang lebih kejam untuk menyerang Mercedes.

Menuju GP Prancis pada 18-20 Juni 2021 mendatang, Honda kirim mesin baru untuk RB16B. Tak disebutkan detilnya, tapi mesin baru ini disebut punya power ekstra untuk meredam laju Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas di skuad Mercedes.

Sepertinya itulah jawaban Honda atas Mercedes yang menggelindingkan mesin baru pada W12 di GP Azerbaijan lalu. Sebenarnya mesin baru ini sudah diprogram Honda sebelumnya tapi menunggu momen terbaiknya dan momen itu adalah GP Prancis nanti.

Bukan hanya untuk Red Bull Racing. Mesin anyar ini juga dipasok buat duet tim AlphaTauri, "tim yunior" Red Bull Racing yang juga tengah kompetitif di level kompetisi lewat duet Pierre Gasly dan pembalap muda binaan Honda, Yuki Tsunoda.

Sejak tahun lalu, Honda memang ingin tampil all out di F1 pada tahun terakhirnya di kancah F1, karena akan mundur pada akhir tahun ini. Semua yang dibutuhkan Red Bull dan Verstappen untuk jadi juara dunia akan dipenuhi Honda semaksimal mungkin. 

"Kami ingin meninggalkan F1 sebagai juara," kata Masashi Yamamoto, pemimpin proyek Honda di F1.

Mercedes sendiri tak berhasil dengan mesin barunya di Azerbaijan. Kedua pembalapnya babak belur sejak sesi latihan.

Meski sempat bangkit di sesi kualifikasi dan raceday, tapi akhirnya Hamilton terpuruk dari P2 ke P15 akibat kesulitan pengereman usai restart balapan karena kecelakaan yang menimpa Verstappen. Mercedes pun pulang tanpa poin.

Tentu saja Honda dan seluruh awak Red Bull tak ingin hal sama terjadi di Prancis dengan mesin baru. Apakah mesin baru ini akan berlanjut atau kembali ke mesin lama bergantung pada hasil race pada Minggu, 20 Juni 2021.

Saat ini, Verstappen memimpin klasemen sementara dengan total poin 105, melawan Hamilton 101. Di kejuaraan manufaktur, Red Bull Honda teratas dengan total poin 174, versus Mercedes 148, berkat kemenangan Perez di Azerbaijan. (rnp)

 

 

TERKINI
Mandalika Radical Experience Diluncurkan di The Elite Showcase 2024 ICE BSD City, Siap Gelar 3 Seri Radical Cup Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak