Honda Stop Produksi Odyssey dan Legend di Jepang

Jum'at, 18/06/2021 12:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Beberapa produk mobil Honda akan setop produksi. Hal ini menyusul pengumuman resmi Honda mengenai penghapusan sejumlah kendaraan, seperti Honda Clarity, JDM Odyssey dan Legend. Pengumuman ini baru disampaikan, Kamis (17/6/2021)

Kabar ini tentu mengejutkan karena mobil-mobil tersebut cukup memberikan kontribusi dalam pejalanan panjang Honda di berbagai negara. Sampai saat ini mereka belum memastikan bahwa apakah mobil Legend dan Odyssey hanya akan dihentikan si Jepang atau juga negara lain.

Carscoops, Kamis (17/6/2021) mengungkapkan sebagai mobil yang memiliki perjalanan panjang dan telah menjadi mobil global, diskontinyu produk tentu akan berdampak luas. Meskupun hanya disetop di Jepang, namun akan berdampak ke pasar Amerika hingga negara lain.

The Legend sendiri merupakan salah satu mobil yang menari di pasar Amerika. Di Negeri Paman Sam Legend dikenal sebagai Acura RLX, sayang produksinya dihentikan pada akhir tahun 2020. Penghentian produksi Legen cukup membingungkan karena model tersebut telah dikembangkan hingga menggunakan sistem mengemudi semi-otonom Level 3.

Dengan mekanisme tersebut, memungkinkan pengendaraan hands-free dan kendaraan dapat melakukan perubahan jalur secara otomatis. Model ini juga menampilkan fungsi Traffic Jam Pilot yang mengontrol akselerasi, pengereman, dan kemudi.

Legend juga dirancang untuk digunakan dalam lalu lintas stop-and-go, Traffic Jam Pilot memungkinkan Legend untuk mengemudi, berhenti, dan melanjutkan mengemudi dalam jalur yang sama sambil mempertahankan jarak mengikuti yang tepat dari kendaraan di depan.

Adapun Odyssey, Honda memberi informasi bahwa versi JDM sangat berbeda kebutuhan pasar sehingga produksinya dihentikan. Namun "Odyssey AS" buatan Alabama, tidak dihentikan. Artinya di Amerika ia masih memiliki sisi kompetisi yang kuat.

Dengan `membunuh` Legend dan Odyssey, Honda ikut menutup pabrik di Sayama. Penutupan pabrik telah diumumkan sejak 2017 dan pada saat itu, Honda mengatakan perakitan akan dikonsolidasikan di fasilitas produksi baru di Yorii untuk mengakomodasi produksi kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi baru seperti powertrain listrik. (elk)

TERKINI
Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta