WRC 2021: Drama Hyundai di Rally Safari, Mudahkan Sebastien Ogier Menuju Gelar Ke-8

Minggu, 27/06/2021 21:40 WIB

mobilinanews (Kenya) - Akhirnya Sebastien Ogier merasakan juga kemenangan di Bumi Afrika setelah melanglang buana di benua lainnya. Pereli tim Toyota Gazoo Racing ini juara di Rally Safari 2021 usai finish pada Minggu (27/6/ 2021) hari ini.

Ini penampilan pertama Ogier di kancah reli ikonik itu setelah masuk serial WRC kembali pada musim 2021.

Bisa jadi ini juga penampilan terakhir pereli Prancis itu di Rally Safari jika jadi mengundurkan diri pada akhir musim 2021.

Sukses Ogier didapat dari penderitaan Thierry Neuville (Belgia). Pereli tim Hyundai ini unggul sejak awal dengan marjin meyakinkan, 57,4 detik atas lawannya.

Sayangnya, di SS15 pada hari ini atau 3 SS jelang finish terakhir di SS18, mobil Neuville menghantam  bongkahan batu. Suspensi mobil rusak berat, berhenti dan saat itu juga out dari lomba.

"Kami sungguh tak beruntung. Tak ada yang mengharapkan kejadian ini," ucap Neville pasrah.

Ogier meraih kemenangan ke-53 sepanjang karirnya di WRC ini kemudian dengan mudah menyudahi lomba dengan keunggulan 21,8 detik atas pereli Toyota lainnya, Takamoto Katsuta. Anak muda Jepang binaan Toyota itu pun torehkan prestasi terbaiknya di kancah WRC.

Dua andalan Toyota lainnya, Elfyn Evans dan Kalle Rovanperra, juga alami nasib sial di Kenya. Keduanya DNF. Membuat Ogier semakin diuntungkan di klasemen pereli 2021 karena semakin jauh dari Evans.

Finisher ketiga ditempati Ott Tanak (Estonia). Ia menyelamatkan imej Hyundai. Selain Neuville, joki Hyundai lainnya - Dani Sordo- juga kandas di tengah jalan.

Hasil ini benar-benar menguntungkan Ogier di kejuaraan dunia 2021. Ia sudah kumpulkan poin 133. Semakin jauh dari ancaman Evan dan Neuville yang masih berada di peringkat 2 dan 3 klasemen dengan nilai 99 dan 77. 

Tanak dan Katsuta berada di urutan 4 dan 5 dengan total poin 69 dan 66.

Artinya, kini Ogier mendekati raihan gelar ke-8 di kejuaraan reli dunia. Sisa lomba musim ini tinggal menyisakan 6 seri dalam jadwal. Jika ada yang batal karena pandemi Covid -19 maka peluang itu semakin besar.

Soal gelar 2021, Ogier bilang masih terlalu dini untuk dibahas. Ia justru bahagia karena dalam karir panjangnya akhirnya bisa tampil di Afrika.

"Selama ini kami hanya mendengar kebesaran Safari Rally di masa lalu. Kini saya merasakannya. Antusiasme yang begitu besar dengan trek yang sangat menantang," kata Ogier.

Presiden Kenya Uhuru Kenyatta pun turut berikan dukungannya dengan cara ikut menonton ke arena (rnp)

 

TERKINI
Grup Motor Super Ugal Sunmori dan Kunjungi Warung Solo di Kemang: Parkirannya Luas Banget Bamsoet Hadiri HUT ke-6 Motor Besar Indonesia dan Resmikan Basko Auto Gallery di Jakarta Komunitas Toyota Hardtop Padang Gelar Aksi Sosial di Sungai Pinang, Pesisir Selatan, Membangun Sebuah Mushalla Memperindah Penampilan Mobil dengan Velg Aftermarket: Pilihan Baru dari HSR Wheel