Masalah Dongkrak Rusak, General Motors Tarik 135.400 Unit Mobil

Rabu, 30/06/2021 01:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - General Motors (GM) kembali dirundung kabar tak sedap, setelah adanya laporan penarikan ratusan ribu kendaraannya karena mangalami masalah pada dongkrak daruratnya.

Dari rangkuman carscoops, kurang lebih ada 135.400 unit mobil yang mengalami masalah kerusakan dongkrak darurat sehingga harus ditarik untuk perbaikan.

Mobil yang terlibat dalam penarikan atau recall ini adalah Buick Encore GX dan Chevrolet Trailblazer.

Sebuah laporan keselamatan yang diterbitkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengungkapkan bahwa dongkrak darurat yang digunakan oleh Encore GX dan Trailblazer dapat patah jika tidak diposisikan seperti yang diarahkan dalam manual pemilik kendaraan.

Hal ini sangat berisiko, karena bila kandaraan dalam kondisi darurat katika mobil mengalami trouble, pengguna tidak dapat melakukan perbaikan dengan aman karena kondisi buruk dongkrak.

Apalagi bila sesorang terpaksa harus mengecek atau memperbaiki mobil dari kolong.

Laporan keselamatan NHTSA mencatat bahwa seorang yang melakukan test drive GM, melaporkan dongkrak yang rusak selama uji ketahanan pada Trailblazer 2021.

Seorang insinyur validasi GM kemudian melaporkan masalah tersebut melalui program Speak Up for Safety GM pada 31 Maret 2021.

Setelah laporan tersebut, GM membuka penyelidikan atas masalah tersebut pada 20 April 2021 dan segera mengonfirmasikan bahwa dongkrak telah gagal karena salah posisi di bawah mobil.

Pabrikan juga mengaku telah ada 21 klaim di lapangan yang mengalami masalah dongkrak.

Dari rincian yang dikeluarkan, penarikan tersebut berdampak pada 55.996 unit Buick Encore GX yang diproduksi antara 23 Maret 2020 hingga 3 Juni 2020, serta 79.404 unit Chevrolet Trailblazer yang dibuat antara 16 Maret 2020 hingga 8 Mei 2021.

Untuk mengatasi masalah ini, dealer akan mengganti dongkrak bermasalah dengan yang baru yang terbuat dari logamdan tidak mudah rusak karena.

Dealer telah menyampaikannya kepada konsumen pada 10 Juni agar segara mendapat perbaikan. (elk)

TERKINI
Mandalika Radical Experience Diluncurkan di The Elite Showcase 2024 ICE BSD City, Siap Gelar 3 Seri Radical Cup Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak