Wuiih! Ini Kendaraan Operasional Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo Berpenggerak 6 Roda 3.800cc!

Kamis, 01/07/2021 14:28 WIB

mobilinanews (Bandung) - Seringnya melakukan kunjungan lapangan dan menerobos kondisi jalan ekstrim, diperlukan kendaraan operasional yang tangguh. Pilihannya tentu saja mobil berpenggerak 4 roda. Kepalang tanggung dibuat saja sekalian penggerak 6 roda. Wah!

Itulah yang dilakukan Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo. Unit yang dipakai Isuzu OZ 4x4 lansiran tahun 2006 mesin 3.800cc.

"Kalau 4x4 sudah bawaan pabriknya. Jadi dimodifikasi sekalian menjadi 6x6 supaya lebih tangguh," alasan Kunto saat bertugas sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer III/Siliwangi Jawa Barat di Bandung.

Unit digarap di bengkel RJM Auto Body Repair di Jalan Gudang Utara, Bandung. Fokus utama ke sektor kaki-kaki.

"Sasis ditambah 60 cm terbuka tanpa samping untuk disesuaikan fungsinya sebagai lantai yang dilapisi plat bordes. Jadi kelihatan seperti kendaraan militer," beber Kunto, Lulusan Akmil 1992.

Tanki dipindah ke belakang di atas lantai. Karena 6 roda, dipasang gardan satu lagi di belakang.

"Untuk penambah sistem 6x6 Traction Control (TC) buat sistem pengoperasian gardan ketiga. Bagian kaki-kaki menggunakan per custom, shockbreaker juga custom dan cross join diservis ulang. Tambahan per depan dan belakang agar lebih kuat," ulas pria berusia 50 tahun ini.

Velg pakai jenis custom ukuran 16 inchi. Suspensi pakai kaki pillow ball 6 buah dan penambahan pillow 8 buah, plus tambahan handle 6x6 supaya bisa menjangkau kondisi jalan berbukit dan ekstrem. Winch 12 ton pun terpasang di bumper depan agar mudah keluar dari trek.

"Komponen lain tak banyak dirubah. Depan kendaraan tetap dipertahankan. Tapi untuk panel pintu sedikit perubahan engsel pintu, jadinya tidak seperti standar kendaraan umumnya. Pintu depan tetap seperti standar, tapi perubahan ada di pintu kabin belakang yang berubah," terangnya.

Nah, urusan dapur pacu bagaimana?

"Swap engine dari Isuzu OZ digandi 100PS Mitsubishi 2500cc, sebab unit bertransformasi dari 4x4 menjadi 6x6. Terakhir, cat asli dirubah menjadi green army dof supaya matching dengan warna militer," terang Kunto yang hobinya memang suka utak-atik kendaraan.

"Jadi gunanya untuk meningkatkan fungsi yang sudah ada menjadi optimal. Kendaraan roda 6 inilah yang menemani jika ada tugas ke pelosok yang sulit dijangkau kendaraan biasa. Satu lagi, dengan ini penyempurnaan alat transportasi yang bisa membawa fungsi yang beraneka ragam," pungkas Kunto yang belum lama pindah tugas sebagai Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad.

Wah, kereeen! (BangVe) 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh