F1 2021 Austria : Potensi Hujan di Red Bull Ring, Gantian Max Verstappen Yang Gelisah

Kamis, 01/07/2021 22:12 WIB

mobilinanews (Austria) - Pekan lalu juara dunia bertahan Lewis Hamilton dikalahkan telak oleh Max Verstappen di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Tak tanggung, kalah 35 detik! Pekan ini kembali ke sirkuit yang sama, Verstappen sudah perkirakan ia tak akan bisa melaju semudah sebelumnya. Apa sebabnya?

Pertama, kata pembalap tim Red Bull Honda itu, lawan akan belajar dari pengalaman pekan lalu. Tak hanya Mercedes yang bersaing dengan Red Bull di kejuaraan dunia, tm lain macam Ferrari dan McLaren juga bisa bikin perubahan di zona podium.

Tahun lalu contohnya, dua seri beruntun di Red Bull Ring diisi oleh 5 pembalap berbeda di podium. Hal sama sangat mungkin terjadi pada GP Austria pada Minggu (4 Juli 2021) ini.

"Kemenangan minggu lalu membuat kami puas. Tapi, kita tak akan bisa melakukan hal sama akhir pekan ini. Lawan akan belajar dari data minggu lalu, dan kami akan gunakan kompon ban yang lebih lembut. Ini bisa mengubah banyak hal," kata Verstappen yang kini unggul 18 poin atas Hamilton dalam perburuan trofi 2021.

Alasan kedua yang lebih menggelisahkan pembalap Belanda itu adalah potensi hujan saat raceday. Itu akan membuat segala sesuatunya sangat sulit diprediksi.

Keunggulan teknologi mobil acap tak ada gunanya karena faktor skill dan pengalaman pembalap lebih dominan, dn tentu saja ada faktor keberuntungan.

Sebaliknya buat Hamilton. Sadar W12 besutannya kalah kencang dari RB16B besutan Verstappen, sejak jauh hari ia berharap hujan di Red Bull Ring. Jika itu terjadi maka ia bisa mengeksplorasi pengalamannya yang jauh lebih matang dari Verstappen. Sejauh ini Hamilton unggul di wet race.

Verstappaen sendiri tak ingin terlena oleh kemenangan mudah pekan lalu. Ia punya prinsip akan selalu ada hal yang bisa dikembangkan agar lebih baik lagi dari sebelumnya. 

"Tetap fokus pada pekerjaan kami sendiri. Saya kira persaingan akan lebih ketat dari sebelumnya dan saya menyukai itu karena begitulah seharusnya F1. Saya sendiri akan terus melakukan yang terbaik di setiap akhir pekan agar kami tetap unggul di klasemen," ujar Hamilton.

Tahun lalu dua race di Red Bull Ring dua-duanya dimenangi pembalap Mercedes, Valtteri Bottas dan Hamilton. Di race pertama Charles Leclerc (Ferrari) dan Lando Norris (McLaren) yang mendampingi Bottas di atas podium.

Pada seri berikutnya giliran Verstappen yang dampingi Hamilton - Bottas yang sukses finish 1-2 untuk Mercedes. (rnp)

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap