MotoGP 2021: Seri Australia Terancam Batal, Tapi Bukan Sirkuit Mandalika Penggantinya

Jum'at, 02/07/2021 19:37 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Dorna Sports sebagai penyelenggara serial balap MotoGP menempatkan Sirkuit Mandalika di NTB, Indonesia, sebagai trek cadangan bilamana ada seri yang batal di akhir musim 2021. Namun ternyata ini hanya status di atas kertas.

Pekan lalu, GP Jepang di Sirkuit Motegi dipastikan batal sebagai tuan rumah akibat pandemi Covid-19 yang masih saja mengkhawatirkan. Dorna tak butuh waktu lama untuk menetapkan penggantinya. Sirkuit Austin di Texas, AS, yang tadinya hanya gelar satu race kini dijadwal menjadi penyelenggara dua seri beruntun.

Meski sebagai cadangan, bisa dimaklumi mengapa Mandalika dengan pemandangan indah di pinggir laut itu tak dengan sendirinya jadi pengganti seri Jepang.

Tak lain karena sirkuit ini masih dalam taraf  pembangunan, fisik sirkuit maupun sarana infrastrukturnya. Belum lagi masalah homologasi dengan segala peraturan ketatnya dari FIM.

Itu membuat Mandalika tak mungkin diharapkan menjadi tuan rumah pada awal Oktober 2021 atau tiga bulan lagi dari sekarang. Belum lagi persiapan promotor lokal yang pastinya tak mudah.

Pastinya itu pula alasan mengapa Mandalika tak juga masuk slot 2021 ketika GP Australia di Sirkuit Philip Island pada 22-24 Oktober 2021 juga rawan batal. Sebab seri ini batal sama dengan tahun lalu, efek Coronavirus. 

Secara resmi GP Australia memang belum batal, namun mengarah ke sana. Itu sebabnya Dorna sudah siapkan seri pengganti bila tiba saatnya Australia bilang tidak.

Sirkuit Portimao di Portugal sudah dialokasikan sebagai trek pengganti. Artinya, trek ini akan dua kali jadi tuan rumah MotoGP setelah gelaran pertama GP Portugal pada medio April lalu.

Pihak Australia sendiri masih berupaya mewujudkan kehadiran MotoGP di Philip Island tahun ini. Pihak penyelenggara lokal masih berdiskusi dengan pemerintah lokal dan otoritas terkait dari berbagai aspek. Termasuk juga komunikasi rutin dengan Dorna Sports.

"Masalahnya sangat kompleks. Rincian lebih lanjut akan kami berikan setelah finalisasi dengan semua pihak," ujar jubir GP Australia seperti dikutip dari speedcafe.com.

Tak ingin meunggu sesuatu yang tak pasti, Dorna pun langsung bergerak dengan rancangan jadwal baru. Portimao 2 dapat slot jadwal pada 5-7 November atau seminggu sebelum seri pamungkas di GP Valencia, Spanyol.

Konsekuensinya, seri GP Thailand dan Malaysia sebelum Portimao juga bergeser dari jadwal semula. Malaysia, misalnya, akan isi jadwal yang ditinggalkan Australia.

Apakah dua seri di Asia Tenggara itu sudah pasti terselenggara? Tak ada yang pasti sejauh ini, karena semuanya bergantung pada perkembangan Si Covid-19. 

Namun, kalaupun misalnya salah satu dari dua seri itu batal maka fans MotoGP di Indonesia juga sulit berharap GP Indonesia di Mandalika bisa masuk seri tahun ini. Alasannya, sama dengan di atas.

Memilih GP Indonesia dimainkan pada seri 2022 adalah opsi terbaik. Tentu komunitas motorsport nasional juga tak ingin jika kembalinya balap motor dunia ke Indonesia dipersiapkan dengan apa adanya. (rnp)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap