Toyota Jual Lebih Banyak Mobil di Amerika, Kalahkan General Motors di Kuartal Dua

Minggu, 04/07/2021 13:55 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Inovasi model kendaraan dengan varian yang lebih lengkap, sangat positif bagi Toyota. Hal ini yang membuatnya banyak memuncaki tangga penjualan di berbagai negara, termasuk pasar Amerika.

Di Negeri Paman Sam ini, pada kuartal ke dua tahun 2021, Toyota berhasil menjual lebih banyak mobil dari General Motors (GM).

Hal ini bukan baru terjadi pada tahun ini. Namun dalam kondisi sulit seperti saat ini, pencapaian Toyota tentu sangat positif untuk pasar lain di dunia.

Dari catatan CNBC setempat, Toyota unggul tipis dengan berhasil menjual 688.813 unit mobil di Amerika Serikat pada kuartal terakhir ini, dibandingkan dengan GM yang menjual 688.236 unit. Berbeda sangat tipis. Hanya selisi 550 unit.

Sementara raksasa otomotif Amerika lainnya, seperti Ford secara penjualan jauh lebih tertinggal dari Toyota. Mereka hanya mampu menjual 475.327 unit kendaraan pada kuartal kedua ini. Capaian ini tentu akan berpengaruh pada pencapaian target diakhir tahun nantinya.

Meskipun demikian, GM masih memimpin dalam penjualan tahun ini karena mereka telah menjual 1.330.486 kendaraan di Amerika Serikat sejak Januari. Sementara Toyota, telah menjual 1.291.879 kendaraan dalam enam bulan pertama tahun ini.

Faktor penurunan penjualan GM dikuartal kedua karena persoalan kekurangan Chip untuk mobil, yang menyebabkan sejumlah produsen mobil menghentikan sementara produksinya termasuk GM.

Berdasarkan publikasi dampak kelangkaan Chip, produsen mobil asal Jepang, khususnya Toyota, telah mampu mengelola krisis lebih baik daripada pesaingnya di Amerika mereka dan mereka ternyata telah menyiapkan, sejak Chip awal untuk mencegah kekurangan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Wakil Presiden Operasi Penjualan AS General Motors Amerika, Kurt McNeil mengatakan mereka tetap fokus untuk terus memanfaatkan setiap semikonduktor yang tersedia untuk membangun dan mengirimkan produk mereka pada konsumen.

Ia mengaku kekurangan chip berdampak signifikan pada produksi mobil mereka yang turun dari 334.628 unit pada akhir kuartal pertama menjadi 211.974 unit pada akhir kuartal kedua. (elk)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024 Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat