F1 2021 : Lando Norris, Calon Bintang Inggris Pasca Era Lewis Hamilton!

Senin, 05/07/2021 00:50 WIB

mobilinanews (Austria) - Berusia 21 tahun, selalu ceria dan mudah tertawa. Punya nyali dan skill di sirkuit. Semua itu membuat Lando Norris menjadi salah satu bintang baru Inggris di kancah F1.

Lando Norris masuk F1 pada 2018 saat usianya baru 18 tahun. Ia kini perjelas calon kebintangannya itu dengan kiprah yang apik di musim 2021.

Putra salah satu konglomerat di Bristol City itu jadi pusat perhatian di GP Austria, Minggu (4-7-2021). Di atas McLaren-Mercedes, ia mampu mengimbangi Max Verstappen (Red Bull Honda) di sesi kualifikasi sehingga dapat posisi start terdepan bersama bintang tim Red Bull itu.

Dan, saat balapan, ia yang mampu menyedot banyak liputan kamera televisi lewat aksi-aksinya melawan Sergio Perez (Red Bull) dan duet Mercedes Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Duel ketatnya dengan Perez membuahkan insiden yang merugikan. Dinggap steward mendorong Perez ke luar lintasan, Norris dikenai hukuman 5 detik.

Itu yang sempat membuat kenyamanannya terganggu saat balapan, terlebih karena ia merasa sama sekali tak ada sentuhan mobilnya dengan mobil Perez.

"Ia sendiri yang melebar ke gravel. Saya sempat terpengaruh. Seharusnya saya bisa finish kedua," kata Norris yang akhirnya menempati podium ketiga.

Penalti 5 detiknya tak berpengaruh karena ia jauh di depan Hamilton yang finish P4.

"Buat saya, ini balapan yang paling berkesan. Untuk kali pertama kami bisa head to head dengan pembalap tim Red bull dan Mercedes. Saya selalu menunggu momen ini," kata Norris yang terpilih oleh fans F1 sebagai pembalap terbaik di GP Austria 2021 Ini.

Karena duelnya dengan Hamilton pula para penggemar fanatik Verstappen (Orange Army) yang memenuhi Red Bull Ring memberikan aplaus tersendiri bagi Norris. Pembalap dengan nomor mobil 4 ini dianggap sudah berjasa membendung Hamilton di awal lomba.

Musim ini, Norris memang tampail trengginas. Dalam 9 balapan yang sudah dihelat, ia sudah naik podium sebanyak 3 kali. Prestasi terburuknya adalah finish ke-8 di GP Spanyol. Selebihnya selalu di zona 5 Besar.

Ini membuatnya bercokol di urutan 4 klasemen sementara 2021 dengan total poin 101. Kalah hanya 3 angka dari Perez di posisi 3 dan unggul 9 poin atas Bottas di urutan 5.

Norris pula yang menyumbang poin terbanyak di klasemen konstruktor sehingga McLaren bisa ungguli Ferrari dalam persaingan berebut posisi 3 Besar.

Kini, McLaren tinggalkan Ferrari dengan keunggulan telak, 19 poin. Sekaligus membuat Norris jadi driver utama McLaren, mengalahkan driver senior Daniel Ricciardo.

Dari Austria, Norris boleh pulang ke Inggris dengan kepala tegak. Dan, dengan penuh semangat menanti GP Inggris pertengahan bulan ini di Sirkuit Silverstone.

Sebagai pembalap Inggris di dalam tim Inggris, podium perdana di Silverstone adalah target yang siap diperjuangkan.

"Saya ingin kembali mencoba kesempatan tarung dengan tim Mercedes dan Red Bull. Ini akan sangat menarik di depan fans sendiri," tegas Norris yang disebut-sebut calon pembalap top Inggris berikutnya setelah Hamilton. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag