Ini Pembatasan Waktu Operasi Transportasi Umum Jakarta saat PPKM Darurat

Senin, 05/07/2021 19:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta menetapkan sejumlah ketentuan di sektor transportasi saat bergulirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM)  Darurat Covid-19.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 259 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Petunjuk Teknis Pembatasan Kapasitas Angkut dan Waktu Operasional Sarana Transportasi dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat COVID-19.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyampaikan kebijakannya meliputi 6 aspek diantaranya pembatasan kapasitas angkut bagi penggunaan moda transportasi untuk pergerakan orang dan barang, dan pembatasan waktu operasional sarana transportasi umum.

Selnjutnya, pembatasan waktu operasional prasarana transportasi umum, pengaturan operasional ojek online dan ojek pangkalan, pengendalian mobilitas penduduk melalui pengutamaan penggunaan transportasi sepeda dan jalan kaki, serta perlindungan terhadap penumpang, awak, dan sarana transportasi.

Lebih lanjut, pembatasan kapasitas angkut bagi pengguna moda transportasi untuk pergerakan orang dan barang dilakukan dengan pembatasan jumlah orang maksimal 50% dari kapasitas angkut pada setiap jenis sarana transportasi.

Pembatasan waktu operasional sarana transportasi umum sebagai berikut:

- Transjakarta: 05.00 - 20.30
- Angkutan Umum Reguler dalam Trayek: 05.00 - 20.30
- MRT: 06.00 - 20.30
- LRT: 05.30 - 20.00
- Angkutan Perairan: 05.00 - 18.00
- Angkutan Malam Hari/ Angkutan Tenaga Kesehatan: 20.31 - 21.30
- KRL Jabodetabek: Sesuai pola operasional KRL

Pembatasan waktu operasional prasarana transportasi umum beserta fasilitas penunjangnya meliputi terminal bus dalam kota, stasiun MRT, stasiun LRT, dermaga/pelabuhan pengumpan regional dan pengumpan lokal dan halte bus, menyesuaikan pengaturan operasional sarana transportasi umum. (elk)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap