F1 2022 : Dipermak Regulasi Radikal, Ini Wujud Mobil F1 Masa Depan

Senin, 12/07/2021 23:53 WIB

mobilinanews (Inggris) - GP Inggris akhir pekan ini tak hanya jadi ajang perkenalan format sprint race yang berlaku tahun depan. Tapi, juga jadi ajang perkenalan bentuk mobil F1 mulai 2022 sesuai regulasi besar-besaran yang dilakukan FIA.

Regulasi radikal di semua area mobil F1 berlaku mulai musim depan. Tujuannya membuat spesifikai teknis yang memungkinkan semua tim bertarung ke baris depan. Agar penonton tak bosan melihat yang tarung juara bukan pembalap itu ke itu saja. 

"Buku peraturan yang selama ini berlaku akan disobek-sobek. Era baru dimulai dengan buku baru. Dirancang membuat ajang balapan lebih spektakular," bunyi paparan FIA di laman resminya.

Rangkuman isi peraturan baru itu kini sudah mewujudkan bentuk mobil F1 yang mengaspal mulai 2022 sampai kelak ada regulasi penggantinya.

Model ini akan diperkenalkan pada Kamis (15 Juli 2021) jelang GP Inggris di sirkuit Silverstone. Acaranya dikemas sedemikian rupa dalam event bertajuk F1One Begins. Penggemar diajak menyelusuri zaman sejak awal F1 hingga sampai pada produksi mobil paling futuristik sepanjang masa.

Tak hanya itu. Dalam sesi ini juga ada penjelasan teknis mengapa mobil-mobil di eranya memiliki bentuk tertentu, dan seperti apa perubahannya dalam aspek balapan.

"Penggemar tak hanya akan melihat bentuk baru mobil F1. Panel ahli juga akan menjabarkan desain mesin revolusioaner dari zaman ke zaman, menjabarkan latar belakang pemikiran di balik  konsep baru yang memungkinkan pembalap bertarung lebih keras dari sebelumnya," bunyi keterangan yang dirilis FIA.

Sejumlah tim F1 saat ini juga sudah mulai lakukan transisi menuju regulasi baru. Ferrari, misalnya, sudah sejak awal menyebut fokus ke musim 2022 dengan tidak melakukan pengembangan besar-besaran untuk 2021. (rnp)

 

TERKINI
Tips Merawat Sistem Rem untuk Meningkatkan Keselamatan dan Daya Tahan Mobil Anda Honda Jazz RS CVT, Solusi Mobil Hatchback Terbaik dengan Kinerja Tangguh Tanpa Meninggalkan Gaya Soal Insentif Mobil Hybrid, Jokowi Mengaku Masih Melakukan Kajian Mendalam Peugeot Resmi Undur Diri dari Indonesia, Stellantis Pastikan Layanan Purna Jual Tetap Tersedia