WRC 2021 Estonia: Laga Krusial Buat Hyundai, Perang Internal di Toyota

Kamis, 15/07/2021 20:29 WIB

mobilinanews (Estonia) - Gemuruh World Rally Championship (WRC) berada di Rally Estonia pada 15-18 Juli 2021 akhir pekan ini.

Ini kandang pereli tim Hyundai Motorsport Ott Tanak. Ia wajib juara di rumah sendiri agar tetap berada di jalur juara dunia. 

Juara dunia 2019 bersama Toyota ini tentu punya peluang menang. Ia sangat hafal trek gravel di negerinya itu. Di situ juga tahun lalu ia meraih kemenangan pertamanya di atas Hyundai i20.

Di tengah antusiasme penonton lokal yang mengibarkan bendera Estonia setiap kali Tanak lewat, selalu melipat gandalkan semangatnya bertarung.

"Selalu menyenangkan menyongsong lomba di rumah sendiri. Tahun lalu kami juara di sini. Hasil sama jadi target kali ini karena kami tahu persis mobil bisa melaju capat dengan karakter lintasan di sini," ungkap Tanak.

Musim ini, ia baru sekali menang, di Rally Arctic. Itu membuatnya terpuruk di urutan 4 klasemen pereli di bawah duet Toyota Sebastien Ogier dan Elfyn Evans serta rekan setimnya di Hyundai Thierry Neuville.

Tertinggal 64 poin di klasemen maka hanya kemenangan yang bisa menolong Tanak tetap berada di jalur perebutan gelar musim 2021. Karena itu seri Estonia terbilang krusial buat Hyundai dan Tanak. Ada kesempatan besar yang terbentang di sana.

Tak kalah menarik adalah pertempuran tiga joki Toyota Yaris dengan motivasi berbeda. Seperti Tanak, motivasi Evans pun ingin merapatkan jarak dengan Ogier yang kini selisih 34 angka. Itu bisa terwujud hanya dengan cara mengalahkan Ogier sang juara dunia bertahan.

"Kami tak boleh terlalu jauh di klasemen. Semua tahu betapa cerdasnya Sebastien memenej keunggulan poinnya sepanjang kejuaraan. Saya harus mulai mengejar dari Estonia ini," tegas Evans,

Itu belum cukup. Sebab, pereli muda Toyota Kalle Rovanpera juga harus diperhitungkan di Estonia. Tak hanya oleh sesama joki Toyota, tetapi juga Tanak.

Pereli asal Finlandia berumur 20 tahun ini bertekad meraih gelar juara WRC-nya untuk kali pertama di Estonia dengan dasar yang sangat logis. Ia berdomisili di Estonia yang juga paham seluk beluk lintasan Rally Estonia.

Tahun lalu, ia sempat memimpin reli ini sebelum akhirnya terganjal kerusakan ban di tengah lomba dan akhirnya finish kelima.

"Dengan berbagai alasan itu saya tak akan terkejut jika Kalle meraih gelar perdananya di Estonia. Ia punya semua yang dibutuhkan menjadi juara," komentar Team Principal Toyota Gazoo Racing Jari-Matti Latvala.

Rovanpera sendiri mengaku sangat on fire menuju seri ini untuk menebus kegagalannya di seri Portugal dan Italia. 

"Saya selalu menyukai reli cepat seperti Estonia. Ini tak hanya cocok dengan gaya mengemudi saya tapi juga cocok buat Yaris. Sangat penting untuk percaya diri di sini. Saya harus mengembalikan poin yang terbuang di seri sebelumnya, dan Estonia saya kira menjadi awal yang baik," tegas Rovapera. (rnp)

 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh